1. Kencing lebih sering

Dilansir dari DetikHealth, perasaan ingin kencing atau pipis lebih sering adalah salah satu tanda adanya gangguan dalam ginjal. Gejala ini lebih sering terjadi saat malam hari. Gejala ingin kencing lebih sering menandakan ginjal yang rusak. Gejala ini juga menandakan bahwa tubuh terkena infeksi saluran kemih (ISK) atau ukuran prostat yang membesar pada pria.

1. Kencing lebih sering
source: http://www.123rf.com

2. Darah dalam urine

Adanya darah dalam urin menandakan kerusakan ginjal atau ginjal tidak beroperasi maksimal. Sebab ginjal adalah organ yang menyaring kotoran dalam darah dan mengeluarkannya bersama dengan urine. Urine yang sehat tidak mengandung darah di dalamnya, sebab ginjal yang berfungsi optimal menjaga darah tidak masuk ke dalam sistemnya. Namun bila ginjal rusak, sistem filternya rusak sehingga darah masuk ke dalam urine. Selain menandakan kerusakan ginjal, adanya darah dalam urine juga bisa menjadi tanda adanya tumor, batu ginjal ataupun infeksi di dalamnya.

2. Darah dalam urine
source: http://m.md-health.com
baca juga

3. Urine berbusa

Urine normal yang sehat tidak menghasilkan busa. Bila urine berbusa berlebihan menandakan adanya protein dalam urnie. Protein berlebihan yang terdapat dalam urine ini sering ditandai dengan urine yang sangat berbusa sehingga harus berkali-kali disiram agar bersih. Busa pada urine ini mirip dengan busa saat menggoreng telur. Hal ini dikarenakan jenis proteinnya sama, yaitu albumin.

3. Urine berbusa
source: http://www.gettyimages.com

4. Kaki bengkak

Kaki yang bengkak juga menjadi salah satu gejala mengalami gangguan ginjal. Kaki dan daerah pergelangan yang terlihat bengkak menunjukkan fungsi ginja yang menurun atau tidak optimal. Fungsi ginjal yang menurun mengakibatkan sodium retention tertahan dalam tubuh. Sehingga dampaknya, kaki membengkak. Selain itu, pembengkakan pada bagian bawah tubuh bisa menjadi pertanda penyakit diabetes, gangguang jantung, liver ataupun masalah kronis pada pembuluh vena.

4. Kaki bengkak
source: http://www.health.usnews.com

Ternyata ada beberapa gejala gangguan ginjal yang perlu diperhatikan. Terutama bila ada sejarah penyakit ginjal di keluarga ataupun adanya risiko terkena diabetes, hipertensi dan liver. Bila mengalami salah satu dari gejala gangguan ginjal di atas, sebaiknya segera periksa ke dokter. Jangan lupa untuk menjaga pola makan dan hidup sehat, ya!