Dihina Karena Tanda Lahir

Seperti dilansir dari HaiBunda, seorang ibu bernama Carol Fenner menceritakan kisah sedihnya akibat putrinya, Luna Tavares Fenner, sering dilecehkan orang. Pelecehan dia terima lantaran sang putri memiliki tanda lahir hitam besar di wajah.

Luna, saat ini masih berusia empat bulan. Dia lahir Maret lalu dengan tanda lahir tepat di wajah yang dikenal dengan giant congenital melanocytic nevus (GCMN). Setelah memposting foto Luna di dunia maya, Fenner malah mendapat cacian serta komentar penuh kebencian, sampai menjuluki Luna monster yang harus dibunuh.

Dihina Karena Tanda Lahir
source: https://www.haibunda.com/
"Banyak komentar yang mendukung. Banyak juga komentar mengerikan. Yang terburuk yang kami dapatkan adalah seorang pria yang berkata, bukankah lebih baik jika kita membunuhnya daripada hidup begitu dekat dengan monster seperti Luna?" ujar Fenner.
source: https://www.haibunda.com/

Meskipun beberapa bereaksi dengan komentar negatif dan menghina Luna, banyak juga yang menunjukkan dukungan pada gadis kecil itu. Dikatakan wanita 35 tahun ini, banyak warganet yang menyebut putrinya kupu-kupu kecil karena bentuk tanda lahirnya. 

Luna Akhirnya Dioperasi

Kedua orangtua Luna pun berusaha untuk menghilangkan tanda lahir tersebut dengan operasi. Akhirnya Luna diterbangkan ke Rusia untuk menjalankan operasi pertamanya. Operasi tersebut pun berjalan lancar. Ibu Luna, Carol Fenner puas dan memuji hasilnya. Luna pun akan menjalani operasi lebih lanjut untuk menghilangkan sisa tanda lahir.

Luna Akhirnya Dioperasi
source: https://www.instagram.com/luna.love.hope/

Menurut Fenner, hasil operasi di kening Luna sangat luar biasa dan dia yakin akan terbang ke Rusia lagi bersama Luna untuk operasi selanjutnya.

"Hasil di kening Luna sangat luar biasa, dan saya sekarang 100 persen yakin untuk terbang ke Rusia dengan anak saya," tutur Fenner.

baca juga

Hasil operasi tanda lahir Luna yang begitu menakjubkan sehingga Fenner merasa puas, membuatnya merasa ini adalah kado Natal terindah untuk keluarganya. Dia juga berterima kasih pada dokter yang telah melakukan operasi pada anaknya.

Sebelumnya, dokter di Amerika memberitahu sang ibu bahwa untuk menghilangkan tanda di wajah Luna membutuhkan serangkaian operasi, yakni sekitar 100 operasi berisiko tinggi dengan menggunakan laser.

Luna Akhirnya Dioperasi
source: https://www.instagram.com/luna.love.hope/

Namun, setelah kisah Luna menjadi viral di pemberitaan seluruh dunia, orang tuanya dihubungi seorang ahli bedah Rusia, yang menawarkan untuk melakukan perawatan menggunakan terapi laser fotodinamik. Terapi tersebut tidak menyebabkan bekas luka, karena dokter tidak melakukan jahitan.

Menurut Para Ahli Soal Tanda Lahir

Dikutip dari HaiBunda, menurut dr.Radityo Anugrah, Sp.KK, penyebab munculnya tanda lahir adalah genetik, bukan akibat dari proses kehamilan si ibu. Misalnya, saat hamil ibu mengalami komplikasi atau karena konsumsi makanan tertentu jadi menyebabkan anak punya tanda lahir, bukan demikian, karena hal tersebut belum ada kajian ilmiahnya.

Menurut Para Ahli Soal Tanda Lahir
source: https://www.instagram.com/luna.love.hope/
"Penyebabnya itu ada dua kelompok, kelompok pembuluh darah dan kelompok warna (pigmen). Faktornya sih genetik ya. Selain genetik, enggak ada sih faktor lainnya," ucap Radit.
source: https://www.instagram.com/luna.love.hope/

Radit pun menjelaskan, perbedaan kelompok pembuluh darah dan kelompok pigmen, yakni ketika di satu daerah terdapat banyak pembuluh darah, maka akan jadi merah. Sehingga, tanda lahir bisa muncul warna merah, yang isinya kumpulan pembuluh darah. Sedangkan jika warnanya seperti tahi lalat, isinya adalah pigmen.

Mari kita doakan, semoga operasi tanda lahir yang dijalani Luna berjalan dengan lancar ya, Moms.