Kisah memilukan ini dialami oleh sepasang suami-istri asal Medan, Sumatra Utara, yang dikaruniai 3 orang anak kembar. Sang suami harus rela kehilangan istrinya lantaran saat melahirkan ketiga buah hati mereka istrinya mengalami pendarahan dan meninggal dunia.

Kisah memilukan ini pun viral setelah diunggah oleh beberapa akun di media sosial. Salah satunya adalah akun @duniapunyacerita. Sebuah foto menunjukkan jenazah sang ibu yang terbaring dikelilingi tiga orang bayi yang baru dilahirkannya. Foto tersebut diunggah dengan caption

"Perjuangan seorang Ibu nyawa pun jadi taruhan nya untuk melahir kan putra putri nya...⁣" tulis akun @duniapunyacerita.

Lahirkan 3 Bayi Kembar Sehat, Sang Ibu Alami Pendarahan dan Meninggal Dunia
source: https://www.facebook.com/

Diketahui, postingan viral tersebut pertama kali diunggah di akun Facebook Yenni Yohana Marpaung. Dan wanita yang meninggal dunia setelah melahirkan tiga bayi kembarnya itu bernama Dina Nasution dan suaminya bernama Erick Ibrahimsyah Riswanto. Nyawa Dina Nasution saat proses persalinan tak terselamatkan. Ia mengalami pendarahan setelah melahirkan sehingga membuatnya tak bisa bertahan.

Lahirkan 3 Bayi Kembar Sehat, Sang Ibu Alami Pendarahan dan Meninggal Dunia

Dalam akun facebook sang suami Erick Ibrahimsyah Riswanto, mengaku banyak orang yang ingin mengadopsi ketiga anak kembarnya. Namun Erick tidak mau menyerahkan ketiga anaknya. Karena bagi dia, ketiga anak kembarnya ini adalah harta yang tak ternilah harganya, dan dia ingin membersarkannya sendiri.

"Assalamualaikum wr wb, sebagai suami aku ingin meminta maaf apabila Almarhumah istriku tercinta memiliki salah, kami tau banyak org yg ikut berduka atas meninggalnya istriku, tapi mohon agar video dan photo yg berkaitan utk segera dihapus dan tidak di sebar luaskan. Aku minta doanya agar istriku di ampuni dosa nya dan di beri kan syurga, ada banyak org yg dtg ingin MENG- ADOPSI ank" kami, mohon maaf mereka adalah hartaku yg tak ternilai harganya jadi aku ingin membesarkan mereka sendiri seperti apa yg sudah dititipkan ALLAH padaku. Mohon saudara" mengerti" tulis Erick dalam akun facebooknya.

baca juga

Waspada Pendarahan Saat Melahirkan

Moms, saat memasuki proses persalinan, adalah hal yang wajar jika sang ibu mengalami pendarahan. Hal ini terjadi ketika fase keluarnya plasenta yang menempel pada dinding rahim dari dalam tubuh. Namun, pendarahan tersebut akan tergolong berat jika rahim tidak mampu berkontraksi dengan baik.

Kondisi ini pun dapat mengakibatkan sang ibu kehilangan nyawa. Pendarahan berat saat melahirkan ini tentunya membutuhkan tindakan cepat. Bahkan, tindakan pembedahan seperti pengangkatan rahim juga bisa dilakukan untuk mencegah terjadi hal yang tidak diinginkan.

Ada beberapa hal yang menjadi pemicu terjadinya pendarahan berat ketika bersalin, seperti usia ibu yang terlalu muda atau tua saat melahirkan, jarak kelahiran anak yang kurang dari 2 tahun, kondisi kesehatan ibu karena penyakit kronis, ibu kekurangan gizi, hingga gangguan saat kontraksi otot rahim terjadi.

Waspada Pendarahan Saat Melahirkan

Tapi Jangan takut dulu ya, Moms. Karena pendarahan saat melahirkan sebenarnya bisa dicegah. Berikut ini adalah cara mencegah agar tidak pendarahan saat melahirkan secara normal.

  • Persiapkan fisik dan mental ibu, Setelah ibu memutuskan untuk melahirkan secara normal maka persiapan secara fisik dan mental harus dilakukan ibu sejak dini. Ibu harus membuat tubuh ibu menjadi siap untuk melahirkan normal.
  • Menjaga kebugaran tubuh, Salah satu penyebab pendarahan saat persalinan normal adalah ketika ibu harus melakukan persalinan forceps yang tidak hanya menyakitkan tapi juga menyebabkan trauma. Persalinan ini dilakukan dengan memasukkan alat forceps ke vagina dan dokter biasanya membuat robekan pada perineum. Luka trauma bisa memicu pendarahan yang berat. Untuk mengatasi agar tidak menerima persalinan ini maka lakukan olahraga. Ibu bisa mencoba melakukan senam hamil, yoga untuk khusus kehamilan dan senam kegel.
  • Penuhi kebutuhan nutrisi, Berbagai nutrisi juga sangat penting untuk membantu otot ibu menjadi lebih elastis dan kuat, juga kulit yang sehat dan elastis. Efeknya juga terjadi pada area perineum sehingga ibu bisa melahirkan normal dengan cepat dan lancar. Berbagai jenis makanan yang mengandung asam lemak omega 3, protein, seng, vitamin C dan kalsium sangat dibutuhkan selama sejak awal kehamilan.
  • Pilih posisi melahirkan yang sesuai, Saat ibu akan melahirkan maka ibu sebaiknya bisa memilih posisi melahirkan yang paling tepat dan nyaman. Posisi berbaring dianggap hal yang sangat normal namun ternyata posisi ini bisa membuat robek vagina menjadi lebih lebar dan memicu pendarahan yang berat.
Jadi Moms, meski pendarahan saat melahirkan bisa saja terjadi, namun masih bisa dihindari kok. Jadi jangan khawatir ya, Moms.