Perubahan yang dialami Syahnaz saat hamil anak kembar

Sebagai ibu hamil dengan usia kehamilan di trimester ketiga, Syahnaz kerap kali merasakan perubahan fisik yang berdampak pada kesehatannya. Perubahan tersebut antara lain asam lambung yang sering kali naik sehingga memberikan sensasi panas pada dada sampai ke tenggorokan (heartburn).

Syahnaz Alami Heartburn Saat Hamil Tua, Ini Masalah yang Sering Dialami Ibu Hamil Kembar

"Sekarang tiap malam mau tidur, asam lambung makin parah sampai dada ke tenggorokan panas banget. Aneh banget rasanya sampai nyut-nyutan kepala saking nggak enak banget rasanya. Terus mau balik badan dari ngadep kiri ke kanan atau sebaliknya, rasanya kaya abis larik bolak-balik naik turun tangga. Ngos-ngosan," curhatnya.

Syahnaz merasa lebih cepat gerah 

Selain permasalahan heartburn tadi, kondisi perut yang semakin membesar juga membuat Syahnaz lebih mudah merasa panas dan kegerahan. Hal tersebut wajar terjadi pada ibu hamil karena perubahan metabolisme dan hormonal, pertumbuhan janin, kenaikan berat badan serta peningkatan volume darah hingga di angka 40 persen menjadi faktor pemicu meningkatnya kegerahan.

Syahnaz Alami Heartburn Saat Hamil Tua, Ini Masalah yang Sering Dialami Ibu Hamil Kembar

Berbagai reaksi yang terjadi pada tubuh ibu hamil dapat menyebabkan peningkatan hawa panas, sehingga membuat udara sekitar dan tubuhnya semakin memicu kegerahan. Untuk itu sangat disarankan bagi Moms banyak minum air putih. Hal ini dapat menjadi indikator agar ibu hamil tak mengalami dehidrasi akibat cuaca panas. 

baca juga

Permasalahan yang umum terjadi saat hamil kembar

Selain permasalahan asam lambung naik dan mudah gerah seperti yang dialami Syahnaz tadi, berikut ini adalah masalah yang biasa terjadi saat Moms mengandung anak kembar yang telah Mommyasia rangkum dari berbagai sumber:

1. Morning sickness dan pusing yang parah

Pada Moms yang hamil bayi kembar, morning sickness atau mual dan pusing sangat mungkin terjadi lebih parah daripada perempuan yang hamil satu bayi. Untuk itu pada awal kehamilan, usahakan lebih banyak beristirahat di rumah.

Syahnaz Alami Heartburn Saat Hamil Tua, Ini Masalah yang Sering Dialami Ibu Hamil Kembar

2. Janin bergerak aktif dan menimbulkan nyeri

Ketika Moms hamil satu bayi kadang pergerakannya membuat nyeri sekitar perut ataupun ulu hati. Bagaimana yang terjadi ketika Moms hamil bayi kembar? Tentunya pergerakan janin akan lebih banyak dan aktif. Biasanya akan muncul rasa nyeri hebat baik di selangkangan atau dada ibu, karena terkena siku atau kaki bayi.

3. Sangat mudah lelah

Jika Moms sedang hamil anak kembar, maka bersiaplah untuk merasa lelah pada tulang belakang hampir sepanjang waktu. Biasanya kelelahan ekstrem terjadi pada trimester pertama. Anemia atau kurang darah juga dapat menyebabkan gejala yang sama. Konsultasikan dengan dokter, jika Moms merasa kewalahan untuk mengetahui gangguan yang mungkin sedang dialami.

Syahnaz Alami Heartburn Saat Hamil Tua, Ini Masalah yang Sering Dialami Ibu Hamil Kembar

4. Sering mengalami sesak napas

Hamil anak kembar akan mendorong diafragma, sehingga seringkali membuat Moms terengah-engah. Hal ini sebenarnya wajar bagi ibu yang hamil anak kembar, namun jika kondisi sudah dirasa mengganggu sebaiknya konsultasikan dengan dokter ya, Moms.

baca juga

5. Jantung sering berdebar

Untuk hal yang satu ini, Moms tak perlu khawatir. Detak jantung yang cepat memastikan bayi-bayi Moms mendapat asupan oksigen yang cukup, karena oksigen mengalir melalui darah Moms. Perbanyak istirahat yang cukup dan seringkali tarik nafas panjang dan hembuskan pelan-pelan agar Moms merasa lebih relax.