Menu Sarapan Penderita Kolesterol

Seperti dilansir HaiBunda, menurut dr Rizal dan dr Reisa, penderita kolesterol tinggi bukan berarti tidak boleh makan. Malah harus tetap sarapan, namun wajib hukumnya untuk memperhatikan menu makanannya.

Bagi penderita kolesterol, menghindari makan makanan yang tinggi lemak jahat (LDL) adalah hal yang harus dilakukan. Lalu menu sarapan apa yang diperbolehkan untuk penderita kolesterol tinggi?

Menu Sarapan Penderita Kolesterol

Kacang-kacangan
Menu sarapan pertama yang disarankan untuk penderita kolesterol tinggi adalah kacang-kacangan. Mengapa kacang-kacangan? Karena kacang-kacangan mengandung kolesterol tak jenuh yang bagus untuk menurunkan lemak jahat (LDL) dan menaikan lemak baik (HDL). Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung vitamin E, serat, magnesium, dan tinggi protein.

Buah dan Sayur
Bagi penderita kolesterol, maka wajib rutin mengonsumsi sayur dan buah. Mengapa demikian? Bukan hanya karena buah dan sayur merupakan sumber makanan yang rendah lemak, ya, tapi juga karena sayur dan buah merupakan makanan yang kaya akan serat. Maka dari itu, dengan mengonsumsi buah dan sayur, Moms akan kenyang lebih lama. Dan efek kenyang dalam waktu yang lama adalah mengurangi frekuensi untuk ngemil.

Hindari Goreng-gorengan
Apabila Moms mengidap penyakit kolesterol tinggi, maka sebisa mungkin Moms menghindari makanan yang memiliki lemak tinggi, seperti daging yang memiliki lemak jahat yang tinggi. Selain itu, Moms juga harus menghindari makanan dengan kandungan lemak trans didalamnya seperti makanan yg digoreng, dan mentega yang terbuat dari lemak hewan.

Oatmeal
Selain menu makanan yang disarankan oleh dr Reisa tadi, dilansir HealthDetik bagi penderita kolesterol bisa juga sarapan dengan oatmeal. Mirip dengan kacang, oatmeal juga mengandung serat larut yang menjaga tingkat gula darah selalu stabil selama proses pencernaan. Ya, oatmeal merupakan menu sarapan populer yang tak hanya mengenyangkan, namun juga bisa mengurangi penyerapan kolesterol jahat di dalam aliran darah sehingga bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Ikan Salmon
Minyak dari ikan salmon betul-betul bermanfaat bagi kesehatan. Ini karena ikan salmon memiliki banyak asam lemak Omega-3 yang menurunkan jumlah LDL dalam darah. Mengonsumsi ikan salmon secara teratur sebagai pilihan lemak sehat juga dapat memerangi gangguan kolesterol yang bisa mengancam kesehatan kardiovaskular.

Menu Sarapan Penderita Kolesterol
source: https://health.detik.com/

Kalau begitu tunggu apalagi, Moms? Sediakan makanan-makanan tersebut di rumah, olah dengan rasa yang enak. Agar kolesterol Mommies tidak lagi tinggi. Semoga informasi ini bermanfaat, Moms.