1. Pohon Tabebuya punya banyak sebutan nama

1. Pohon Tabebuya punya banyak sebutan nama

Tabebuya atau Tabebuia yang ditanam di sepanjang jalan kota Surabaya memiliki nama latin Tabebuia heterophylla dan dikenal sebagai pohon terompet merah muda. Tanaman yang indah ini tersebut juga dikenal sebagai cedar putih, kayu putih, tecoma hingga manjack merah muda untuk di Inggris. Jika Moms mau tahu, nama latin tabebuia ternyata juga ada banyak. Ada Bignonia leucoxylon, Raputia heterophylla, dan Tecoma leucoxylon. Wah ada banyak sebutannya nih, tapi paling enak memang Tabebuya ya, Moms?

2. Asli dari Hutan Amazon

2. Asli dari Hutan Amazon

Yap, pohon cantik ini ternyata bukan dari Indonesia Moms. Faktanya, “pohon sakura” yang ada di kota Surabaya tersebut adalah pohon yang berasal dari sebuah spesies tanaman asli hutan Amazon yang berasal dari Brazil.

Jika Moms ingin merawatnya di rumah, siap-siap kaget ya. Pasalnya pohon ini sangat cepat berkembangnya lho. Bahkan, pohon ini bisa tinggi mencapai 4 meter dalam waktu 8-18 bulan saja. Cepat banget kan Moms?

baca juga

3. Punya Banyak warna yang cantik

3. Punya Banyak warna yang cantik

Bukan cuma warna pink aja, pohon Tabebuya ini memiliki banyak warna unga yang nggak kalah bagus dari Sakura. Jika melihatnya langsung di Surabaya, Moms bisa tahu bahwa ada beragam warna tabebuya yang bermekaran. Mulai dari putih perah, kuning emas, merah muda, dan ungu. Tiap warna ini mengindisikasikan spesies yang berbeda. Umumnya, bunga-bunga tersebut akan mulai bermekaran pada bulan September dan mencapai puncaknya pada Oktober-November.

4. Nggak perlu repot merawatnya

4. Nggak perlu repot merawatnya

Jika Moms ingin merawatnya di rumah, selamat Moms, pohon Tabebuya bukanlah spesies pohon yang manja. Moms nggak perlu repot merawat pohon ini karena pohon tabebuya dapat hidup di cuaca kering sekali pun. Syarat utama agar tanaman ini tumbuh subur dan cepat berbunga adalah ketersediaan cahaya matahari. Meski nggak repot, Moms harus tetap menjaga pertumbuhan tanaman ini karena pertumbuhannya yang cepat berpotensi merusak lingkungan sekitar. Moms harus memangkas ujung ranting pohon jika sudah terlalu melebar.

baca juga

5. Tabebuya dipopulerkan di Hawai

5. Tabebuya dipopulerkan di Hawai

Walau pohon cantik ini berasal dari Hutam Amazon di Brazil, tetapi catatan terjauh dari bunga ini datang pada 1999 di kepulauan area Pasifik dan Samudra Hindia. Tepatnya di Hawaii, di kepulauan Marshall dan Chagos. Diperkirakan habitat aslinya juga meliputi Asia dan Afrika, tetapi tidak ada catatan resmi mengenai hal itu. Darimana pun asalnya, selama kita merawatnya pasti akan cantik ya Moms?

Kira-kira Moms mau merawatnya di rumah nggak? Kalau iya, warna apa nih Moms?