Kandungan Nutrisi Telur Ayam Kampung
Telur Ayam Kampung bisa jadi sumber protein hewani yang baik bagi tubuh karena kaya kandungan lemak, mineral, vitamin A dan D. Dan tingginya protein telur ayam kampung ini bukan hanya memenuhi kebutuhan ibu, namun juga janin yang dikandungnya. Selain itu, telur juga mengandung asam lemak, omega 3, dan kolin serta kalori yang cukup tinggi sekitar 70 kalori yang dapat membantu memenuhi sebagian kebutuhan ibu hamil.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Telur Ayam Kampung? Ketahui Aturan Makannya, Yuk!

Manfaat Telur Ayam Kampung Untuk Ibu Hamil
Manfaat pertama yang didapat dari konsumsi telur ayam kampung adalah baik untuk perkembangan otak janin, sebab pada sebutir telur ayam, mengandung kalsium, vitamin, zat besi, mineral, dan postassium yang baik untuk perkembangan otak janin.

Manfaat lain, mengurangi risiko cacat lahir bagi bayi. Hasil studi yang sudah dilakukan, sekitar 72 persen bayi memiliki risiko kecenderungan lahir cacat disebabkan ibu hamil kerap mengalami kekurangan kolin. Dan karena telur salah satu sumber kolin maka dengan konsumsi telur dapat menghindarkan bayi lahir cacat. Selain itu, kolin juga dipercaya bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan anak. Jadi ibu hamil yang cukup kolin akan cenderung melahirkan anak yang memiliki kemampuan kognitif lebih tinggi dari yang lain.

Dan karena ibu hamil rawan stres, cemas dan depresi yang tinggi maka untuk menenangkan pikiran dan penghilang stres moms bisa konsumsi telur. Sebab menurut Prof. Eva Pressman, gen yang mengatur hormon penyebabkan stres, depresi, dan kecemasan dapat dilawan dengan kandungan kolin.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Telur Ayam Kampung? Ketahui Aturan Makannya, Yuk!

Aturan Konsumsi Telur Ibu Hamil
Menurut Dana Ericson, bidan di Midwife and Doula Services Incredible Edible Egg jumlah konsumsi telur ibu hamil harus disesuaikan kebutuhan. Misal jika dalam sehari ibu hamil memerlukan 90 - 110 gram protein dan sudah terpenuhi moms tidak perlu mengonsumsi telur.

Namun jika dibutuhkan dalam pemenuhan kalori atau kebutuhan kolin yang belum tercukupi maka Incredible Egg merekomendasikan mengonsumsi telur, asal dalam seminggu tidak sampai 3 sampai 4 butir telur terutama untuk kuning telurnya ya moms. Karena kuning telur mengandung kolesterol cukup tinggi, jadi bagi ibu hamil konsumsinya perlu dibatasi.

Moms telur merupakan makanan yang kaya akan protein. Bahkan, dari banyak penelitian dikatakan telur sebagai makanan dengan protein tinggi, karena itu konsumsi telur pada ibu hamil pun sangat dianjurkan. Tapi tetap saja ya moms apa yang berlebih itu tidak baik, jadi mengatur pola makan dan selalu diskusi dengan dokter kandungan tentang apa yang moms butuhkan itu penting. Semoga info ini bermanfaat.