1. Udang

Dilansir dari FoodDetik, seafood pertama yang dinyatakan sehat adalah udang. Largeman-Roth menyebutkan udang merupakan makanan seafood yang sehat, sebab mengandung nutrisi untuk kesehatan tubuh. Udang termasuk makanan yang rendah kalori, dalam 3 ons udang memiliki 84 kalori saja. Selain itu, udang juga mengandung 20 gram protein, 300 miligram omega-3 dan campuran mineral besi dan seng dalam jumlah yang tinggi.

Udang termasuk makanan yang mudah diolah. Bahkan, udang bisa disantap hanya dengan merebusnya selama 2 menit. Selain memasaknya mudah, udang bisa dicampurkan ke olahan masakan lain seperti salad, taco dan lainnya.

1. Udang
source: http://www.seriouseats.net

2. Kepiting

Makanan seafood yang satu ini memang membutuhkan tenaga lebih untuk menyantapnya. Namun setara dengan gizi yang didapat. Kepiting memberikan 80-100 kalori dalam 3 onsnya. Kemudian, kepiting mengandung 16-20 gram protein, 350-400 miligram asam lemak omega-3 dan 200-250 miligram kalsium dan fosfor. Ada pula vitamin A dan B yang bagus untuk tubuh.

Menurut Largeman-Roth, kepiting alaskan merupakan kepiting yang terbaik karena kandungan gizinya paling banyak. Selain itu, agar lebih aman, kepiting haruslah dimasak hingga benar-benar matang.
2. Kepiting
source: http://www.istockphoto.com
baca juga

3. Tuna Albacore

Ikan tuna sering menjadi favorite banyak orang, selain lezat, tuna juga mudah diolah. Menurut Roth, ikan tuna albacore memiliki kandungan gizi yang paling baik. Dalam satu kaleng ikan tuna albacore memiliki kandungan 60 kalori dengan 13 gram protein dan asam lemak, omega-3 yang berlimpah.

Ikan tuna juga mudah diolah dengan mencampurnya ke salad, sandwich ataupun pasta. Selain itu ikan tuna tetap lezat bila dimasak dengan minyak zaitun EVOO, capers, peterseli, kacang polong dan pasta. Dengan nutrisi yang baik dan cara masak yang tepat, ikan tuna albacore dapat membuat jantung lebih sehat dan mengurangi risiko stroke.

3. Tuna Albacore
source: http://www.istockphoto.com

4. Kerang

Menurut pakar nutrisi, kerang justru dimasak dengan kondisi setengah matang. Sebab, bila kerang dimasak terlalu matang dapat menghilangkan nutrisi yang ada di dalamnya. Dalam 3 ons kerang terdapat kandungan kalori sebanyak 96 gram, 12 gram protein dan 22 miligram kolin. Nutrisi kolin ini berfungsi untuk peningkatan fungsi pada otak. Oleh sebab itu, kerang baik untuk pertumbuhan otak anak.

Menurut Roth, kerang dapat digoreng sekitar 2-3 menit pada setiap sisinya. Roth juga menyarankan untuk mengolah kerang dalam waktu yang singkat. Kerang juga bisa diolah pada sajjian salad dan pasta yang lezat.

4. Kerang
source: http://www.mentalfloss.com
baca juga

5. Salmon

Salmon sudah dikenal memiliki banyak khasiat pada kesehatan. Hal ini dikarenakan salmon memiliki nutrisi yang baik, salah satunya omega-3. Dalam 100 gram daging salmon mengandung omega-3 sebanyak 2,3 gram dan asupan protein, vitamin B, selenium, potasiun dan lainnya yang membantu menjaga kesehatan, kekebalan tubuh dan menghindari terkena penyakit.

Salmon juga termasuk makanan yang mudah diolah. Pakar nutrisi menyarankan untuk memanggang salmon dengan minyak zaitun dan garam selama 20 menit. Roth merekomendasikan untuk memilih salmon Alaska karena nutrisinya 2 kali lipat dibanding salmon biasa.

5. Salmon
source: http://www.bbcgoodfood.com

Nah, itu dia 5 jenis seafood yang paling sehat dan memiliki banyak nutrisi di dalamnya. Memasaknya pun cukup mudah dan cepat. Yuk, perbanyak konsumsi seafood, Moms!