Vidi mengunggah video berdurasi lebih dari dua menit itu dalam akun instagramnya @vidialdiano. Vidi mengaku bahwa ia baru mengetahui dirinya didiagnosa mengidap kanker sejak satu minggu yang lalu.

Vidi Aldiano Alami Hari yang Berat Usai Divonis Kanker Ginjal, Apa Saja Penyebab Kanker?
"I have cancer. Mohon doanya, dan mohon maaf apabila selama ini ada salah kata atau perbuatan. I love you guys." tulis Vidi dalam unggahan videonya.
source: https://www.instagram.com/vidialdiano/

Dalam video tersebut, Vidi mengaku baru saja mengetahui kalau dia kanker pada ginjalnya.

"Minggu lalu gue baru dapet kabar bahwa gue punya cancer di ginjal gue, tepatnya di ginjal kiri gue," ucap Vidi.

Unggahannya pun mendapatkan banyak respon dari teman sesama artis. Seperti Shiren Sungkar, Atta Halilintar, Raditya Dika, Thalita latief, Sheryl Sheinafia, dan masih banyak lagi. Semua rekan-rekannya memberi semangat pada Vidi. Mereka juga tidak lupa menyematkan doa agar Vidi diberi kesembuhan secepatnya.

"Smoga Allah angkat penyakitnyaaaa, Vidddd InsyaAllah sehatt sehattt sehat, semangka" tulis artis Shireen Sungkar.

Melalui postingan instastory instagramnya, Vidi juga meminta doa. Dia mengaku bahwa tiga hari belakangan adalah hari-hari yang berat bagi dia. Dan dia berharap dia dapat melaluinya.

Vidi Aldiano Alami Hari yang Berat Usai Divonis Kanker Ginjal, Apa Saja Penyebab Kanker?
"3 hari kebelakang sangat berat buah gue. Tapi hari "ini gue mendapatkan beberapa kejutan yang menyenangkan. Tomorrow's not gonna be easy, but hopefully I can make it out alive. Doakan ya kawan...," tulis Vidi di insta story-nya.
source: https://www.instagram.com/vidialdiano/
baca juga

Hari ini juga Vidi mengatakan akan melakukan operasi. Vidi juga meminta doa agar operasi kanker ginjalnya bisa berjalan dengan lancar.

"Hari ini gue akan melaksanakan operasi kebetulan sudah di rumah sakit juga. Gue mau minta tolong temen-temen semua untuk bantu doa semoga operasinya berjalan lancar," ucap Vidi Aldiano.

Vidi Aldiano Alami Hari yang Berat Usai Divonis Kanker Ginjal, Apa Saja Penyebab Kanker?
source: https://www.instagram.com/vidialdiano/

Tidaklah Allah Menurunkan Penyakit Kecuali Dia Juga Menurunkan Penawarnya. Maka dari itu, terus semangat ya, Vidi! Semoga Allah segera memberikan kesembuhan dan Vidi bisa beraktivitas seperti sedia kala.

Penyebab Kanker Ginjal

Ginjal adalah organ di dalam tubuh yang berfungsi menyaring kotoran dalam darah dan membuangnya dalam bentuk urine. Kanker ginjal adalah jenis kanker yang awalnya muncul di ginjal. Manusia memiliki dua buah ginjal yang terletak di kedua sisi punggung bawah, di bawah tulang rusuk.

Seperti dilansir Alodokter, penyebab kanker ginjal belum diketahui secara pasti hingga kini. Namun, dokter mendeteksi bahwa kanker dimulai ketika DNA dalam sel-sel ginjal bermutasi. Mutasi ini menyebabkan sel ginjal tumbuh abnormal dan tidak terkendali. Akumulasi sel tersebut akhirnya membentuk tumor yang dapat menyebar ke seluruh organ ginjal atau bagian tubuh lainnya.

Penyebab Kanker Ginjal

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker ginjal, antara lain:

  • Merokok.
  • Hipertensi.
  • Obesitas.
  • Memiliki anggota keluarga penderita kanker ginjal.
  • Efek samping cuci darah jangka panjang.
  • Bekerja di lingkungan yang mengakibatkan terpapar zat tertentu, seperti kadmium.
  • Sindrom von Hippel-Lindau, yaitu kelainan bawaan yang mengakibatkan timbulnya tumor dan kista di beberapa bagian tubuh.
Nah Moms, itu adalah beberapa penyebab seseorang bisa terkena kanker ginjal. Jadi jika Moms merasa ada beberapa faktor di atas yang Moms alami. Sebaiknya Moms berhati-hati, ya. Jangan lupa untuk rutin melakukan general check up. Karena dengan begitu, Moms akan cepat mengetahui keberadaan penyakit tersebut. Semakin cepat diketahui, maka akan semakin cepat ditangani.