Penemuan Teh Tarik Setelah Perang Dunia 2

Teh tarik adalah minuman yang populer di tiga negara, Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Melansir dari WorldofBuzz, Dewan Perpustakaan Nasional Singapura, mencatat bahwa saat industri karet mengalami perkembangan pesat selama masa penjajahan Inggris, para imigran India-Muslim yang dibawa ke Semenanjung Melayu bekerja di perkebunan karet dan industri pertambangan. Nah, para imigran ini yang pada akhirnya memulai bisnis mereka untuk membuat kios minuman yang menawarkan teh tarik pasca Perang Dunia 2.

Sejarah Teh Tarik, Ternyata Dibuat Karena Kemiskinan Setelah Perang Dunia 2!
source: https://tarasmulticulturaltable.com/

Di Malaysia sendiri, teh tarik dijual oleh warung "mamak" yang mana kata ini berasal dari bahasa Tamil-Muslim di mana "mamak" adalah sebutan untuk "paman". Meskipun begitu, panggilan ini tidak berubah meskipun yang menjual teh tarik tersebut adalah seorang bibi atau ibu.

Para imigran asal India yang sampai di Semenanjung Melayu sebelum Perang Dunia 2. Tetapi pada saat itu, mereka belum menyajikan teh tarik, melainkan menyajikan chai tea. Namun, setelah perang dunia 2, membuat chai tea menjadi lebih sulit karena daun teh lebih sulit dicari. Akhirnya mereka memutuskan untuk bereksperimen dengan bahan lain. Pasalnya, daun teh mengalami kenaikan harga setelah perang dunia 2. Itulah yang membuat teh menjadi minuman mewah dan hanya bisa dinikmati orang kaya. Dengan kata lain, para pekerja miskin tidak mampu mendapatkan hak istimewa untuk minum secangkir teh yang baik.

Sejarah Teh Tarik, Ternyata Dibuat Karena Kemiskinan Setelah Perang Dunia 2!
source: https://www.pinterest.com/

Orang Inggris yang suka minum teh memilih daun teh berkualitas untuk dijual kepada mereka. Di sisi lain, imigran India-Muslim hanya mampu membeli daun teh yang dibuang dari sisa pengolahan daun teh yang tidak berkualitas untuk diolah menjadi teh tarik. Itulah asal mula dari teh tarik yang banyak tidak diketahui orang.

baca juga

Karena kualitas daun teh yang rendah, daun teh tersebut akhirnya direbus berulang-ulang hingga tiga jam hingga rasanya diekstraksi. Sayangnya, ekstraknya ini biasanya memiliki rasa yang agak terlalu pahit untuk dikonsumsi. Mereka pun mengakalinya dengan menambah rempah-rempah untuk membuat minuman baru. Akhirnya, dengan sentuhan gaya Melayu, mereka menggunakan susu kental manis dengan gula untuk menciptakan teh dengan rasa yang berbeda. 

Sejarah Teh Tarik, Ternyata Dibuat Karena Kemiskinan Setelah Perang Dunia 2!
source: https://www.dreamstime.com/

Teh ini dikenal dengan nama teh tarik, bukan teh susu. Ini disebabkan karena cara mengolahnya yang dilakukan dengan teknik penarikan. Ternyata, mereka juga menemukan bahwa cara paling efektif untuk menggabungkan rasa teh, adalah dengan menarik teh di antara dua wadah berulang kali. Setelah itu teh dapat menyatu dan menghasilkan busa.

Nah, sekarang Mommy tahu kan bagaimana awal mula penemuan teh tarik? Ternyata sebuah kondisi sulit dapat menciptakan sejarah yang signifikan, ya!