1. Pakaian Anak

1. Pakaian Anak

Sesuaikan pakaian anak yang akan dibawa dengan lokasi tujuan berlibur, Moms. Jika berlibur ke tempat dengan suhu panas atau cukup terik, bawa pakaian lengan pendek serta bahan kaos yang nyaman di kulit anak. Tapi jika berlibur di tempat bersuhu dingin, jangan lupa siapkan pakaian hangat, jaket hingga kaos kaki agar si kecil tak kedinginan.

2. Gendongan

2. Gendongan

Jangan lupakan juga perlengkapan yang satu ini, Moms. Apalagi jika si kecil belum bisa berjalan, maka Moms akan sangat membutuhkan gendongan agar perjalanan lebih mudah bersama anak. Agar lebih praktis, pilih gendongan yang nyaman dan mudah dipakai serta tak membuat si kecil risih. Jika memungkinkan, bawa pula stroller untuk anak agar Moms dan Dads tidak kelelahan menggendong si kecil dalam perjalanan. Si kecil pun dapat duduk dengan nyaman di stroller.

baca juga

3. Peralatan Makan

3. Peralatan Makan

Siapkan pula peralatan makan jika si kecil sudah mulai memakan makanan selain ASI. Jika Moms memilih MPASI homemade, jangan lupa membawa food processor yang praktis dan multifungsi. Bawa juga peralatan makan seperti sendok makan, mangkuk hingga botol minum si kecil ya.

4. Perlengkapan Mandi

4. Perlengkapan Mandi

Sangat jarang menemukan hotel atau penginapan yang lengkap dengan perlengkapan mandi untuk anak-anak. Untuk menghemat pengeluaran, bawa perlengkapan mandi si kecil dalam kemasan kecil dan mudah diselipkan di dalam tas atau koper. Perlengkapan mandi wajib dibawa untuk anak di antaranya seperti sabun mandi, sampo, sikat gigi, handuk dan minyak telon.

baca juga

5. Mainan

5. Mainan

Jangan lupakan item yang satu ini, Moms. Siapkan mainan favorit anak agar ia tak bosan selama perjalanan. Perlu diingat, bawa mainan berukulan kecil saja dan mudah diselipkan di dalam tas ya, Moms. Selain mainan, Moms juga bisa menyiapkan beberapa buku cerita bergambar untuk mengalihkan rasa bosan si kecil.

6. Makanan Ringan

6. Makanan Ringan

Jika perjalanan yang akan ditempuh cukup jauh, membawa makanan ringan atau cemilan juga sangat membantu Moms saat si kecil mulai lapar. Jangan asal ya Moms, siapkan makanan ringan yang sehat dan bergizi agar kesehatan si kecil tak terganggu.

7. Obat-obatan

7. Obat-obatan

Jika anak memiliki riwayat penyakit, tentu obat-obatan tak bisa Moms lewatkan dari daftar perlengkapan wajib dibawa saat traveling. Selain itu, jangan lupa juga membawa obat penurun panas dan demam, diare serta minyak esensial untuk si kecil.

8. Suplemen dan Vitamin

Selain obat-obatan, suplemen dan vitamin juga penting Moms bawa untuk menjaga daya tahan tubuh anak. Moms tak ingin kan momen liburan terganggu karena si kecil sakit. Untuk itu, siapkan suplemen dan vitamin anak agar si kecil tak mudah sakit. Tak perlu bawa berbagai macam suplemen Moms, pilih yang praktis dan kandungannya lengkap untuk meningkatkan sistem imun anak.

8. Suplemen dan Vitamin

Satu suplemen yang bisa jadi teman si kecil agar tak mudah sakit yaitu Stimuno yang bersertifikat Fitofarmaka dan aman dikonsumsi anak. Produk herbal ini dibuat dari 100% ekstrak tanaman meniran, dalam bahasa latin disebut Phyllanthus Niruri Serta teruji klinis khasiat dan keamanannya sehingga dapat digunakan baik untuk anak-anak maupun dewasa dengan dosis sesuai anjuran. Tak hanya tingkatkan sistem imun, Stimuno juga dapat mempercepat penurunan demam pada anak.
 
Agar lebih praktis selama liburan, Moms bisa membawa Stimuno kemasan stick pack sekali minum untuk anak. Stimuno stick pack ini juga hadir dalam 3 varian rasa yaitu original tutty fruity, anggur, dan orange berry. Sesuai anjuran, Moms bisa berikan stimuno stick pack sebanyak 1-3 kali sehari.