Selain jus dan smoothies, jenis minuman sehat yang bisa dijadikan opsi lain adalah infused water. Tak hanya memiliki rasa yang segar, infused water juga praktis dibuat dan terlihat sangat cantik karena berisi air putih dan potongan-potongan buah segar yang berwarna-warni. Salah satu buah populer yang kerap jadi bahan pembuatan infused water adalah lemon. Lemon memang memiliki rasa asam yang segar, selain itu buah ini juga kaya akan vitamin dan manfaat.

Tapi infused water menggunakan lemon sering kali menimbulkan rasa pahit. Nah dengan beberapa tips ini moms bisa mendapatkan lemon infused water yang tidak meninggalkan rasa pahit.

Gunakan Botol Bersih dan Steril

Infused water tentu dibuat menggunakan botol minum yang tertutup. Agar infused water yang dibuat tidak berbau serta lebih tahan lama, pastikan moms menggunakan botol yang bersih dan steril. Selalu cuci botol menggunakan air mengalir dan sikat khusus yang bisa menjangkau dasar botol. Selain agar kualitas infused water terjaga, botol  yang bersih dan steril juga bisa meminimalisir rasa pahit dari infused water menggunakan lemon.

Gunakan Botol Bersih dan Steril
baca juga

Pilih Lemon yang Masih Segar

Selain kebersihan botol, hal selanjutnya yang harus diperhatikan agar infused water lemon tidak pahit tentu saja kualitas lemon yang digunakan. Pastikan untuk memilih lemon yang masih dalam keadaan segar. Infused water yang terbuat dari rendaman lemon yang kurang segar akan menyisakan rasa pahit. Dengan menggunakan lemon yang tak segar, alih-alih menikmati sensasi menyegarkan dari infused water, moms malah bisa membuang percuma infused water tanpa bisa meminumnya. 

Pilih Lemon yang Masih Segar

Buang Penyebab Rasa Pahit

Rasa pahit infused water lemon berasal dari kulit dan bijinya. Moms memang bisa mengurangi rasa pahit dengan cara membuang kulit dan biji lemon, tapi antioksidan tertinggi dari buah lemon justru berada pada kulitnya sehingga akan sayang jika moms membuangnya karena bisa mengurangi khasiat lemon itu sendiri. Sebaiknya moms hanya membuang biji lemon dan tetap mempertahankan kulitnya agar rasa pahit tetap berkurang tapi manfaat lemon diperoleh secara maksimal. Untuk menghindari rasa pahit akibat kulit lemon, moms harus menghabiskan infused water tersebut dalam waktu tidak lebih dari sehari.

Buang Penyebab Rasa Pahit