Indonesia memiliki Kuliner yang sangat beragam. Sering kali pada suatu daerah dijumpai makanan yang sangat mirip dengan yang ada di daerah lain, seperti tape dan peuyeum. Tak hanya memiliki rupa yang sangat mirip, tape dan peuyeum juga sama-sama terbuat dari singkong yang difermentasi. Lalu jika tape dan peuyeum begitu mirip, bagaimana sih cara membedakan kedua makanan ini?

Daerah Asal

Tape singkong lebih banyak ditemui di daerah bersuku Jawa, yaitu Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di Jawa, tape kerap diolah lagi menjadi beragam kuliner atau dijadikan campuran minuman. Daerah yang terkenal sebagai penghasil tape singkong di Jawa yaitu Bondowoso, Jawa Timur. Sementara peuyeum lebih banyak ditemui di daerah dengan suku Sunda, khususnya Bandung. Peuyeum bahkan jadi salah satu oleh-oleh khas Bandung yang harus selalu dibeli ketika berkunjung kesana.

Daerah Asal
baca juga

Cara Pengolahan

Untuk mengolah tape singkong, hal pertama yang harus dilakukan yaitu mengupas dan mencuci singkong hingga bersih, memotong-motongnya menjadi bagian-bagian kecil, kemudian mengukus hingga singkong benar-benar empuk. Setelah singkong kukus dingin kemudian diberi ragi tape dan dibiarkan terfermentasi dalam wadah tertutup yang kedap udara. Sedangkan untuk membuat peuyeum dilakukan dengan cara merebus singkong utuh yang telah bersih, kemudian didinginkan dan diberi ragi tape dalam jumlah banyak. Peuyeum kemudian dibiarkan melalui proses fermentasi dalam keadaan digantung. 

Cara Pengolahan

Tekstur

Meski memiliki rupa yang begitu mirip, tapi perbedaan tape singkong dan peuyeum mudah dilihat teksturnya. Tape singkong memiliki tekstur yang sangat lembut, cenderung lembek, serta berair. Hal inilah yang membuat tape singkong sangat cocok dijadikan olahan lain. Sementara peuyeum memiliki tekstur lebih keras, terasa padat, dan tidak berair. Tekstur tersebut menjadikan peuyeum bisa bertahan lebih lama dibanding dengan tape singkong. 

Tekstur
baca juga

Rasa

Tape singkong memiliki rasa manis khas dengan sedikit sensasi kecut yang menyegarkan. Rasa ini membuat tape singkong banyak dijadikan campuran dalam beragam minuman seperti es campur. Sedangkan peuyeum bercita rasa lebih manis. Tekstur peuyeum yang padat dan keras menjadikan makanan ini cocok untuk dibuat camilan pendamping teh atau kopi di sore hari.

Rasa