Ada banyak hidangan yang menggunakan bahan satu ini. Sambal goreng hati, salah satu hidangan khas saat hari raya lebaran hingga makan khas jogja yang sangat terkenal, yakni Gudeg. Tak jarang olahan krecek menjadi menu andalan keluarga. Namun bahan yang satu ini perlu kepiawaian khusus dalam mengolahnya, moms. Apalagi jika ingin mengolah krecek pada masakan berkuah. Berikut tips agar krecek tak hancur saat dimasak.

Pilih Krecek yang Tebal

Sebelum memutuskan untuk memasak krecek ketahui betul moms akan memasaknya dalam bentuk masakan berkuah atau tidak. Ini menentukan jenis krecek yang moms gunakan. Terbuat dari kulit sapi atau kerbau, krecek memiliki dua tekstur, tebal dan tipis. Biasanya krecek dari kulit kerbau lebih tebal. Sehingga cocok untuk diolah pada hidangan berkuah. Teksturnya yang tebal membuat krecek tetap kenyal dan tidak hancur. Kecuali tekstur krecek yang moms dapatkan cukup kaku dan keras. Moms bisa merendam tapi tetap hanya sebentar. Agar saat diolah tidak terlalu lembek atau hancur.

Pilih Krecek yang Tebal
baca juga

Cukup Dicuci

Hindari merendam krecek terlalu lama moms sebelum mengolahnya. Krecek tipis hanya perlu dicuci di air mengalir. Terutama jika moms memilih krecek berbentuk lembaran yang mudah ditemukan di pasar tradisional. Merendam hanya akan mempengaruhi tekstur krecek itu sendiri. Rasa kenyalnya bisa hilang atau bahkan hancur, moms. Namun demikian, moms bisa melewatkan step yang satu ini jika menggunakan kerupuk kulit. Atau kreceknya telah digoreng menjadi kerupuk. Moms bisa langsung menambahkan pada hidangan di waktu menjelang bahan lainnya telah matang.

Cukup Dicuci

Jangan Terlalu Lama Memasak Krecek

Pada dasarnya krecek merupakan kulit sapi yang sebelumnya telah diolah. Jadi moms tak perlu mengolahnya terlalu lama. Apalagi untuk hidangan berkuah. Hal ini dikarenakan krecek mudah hancur saat terkena kuah panas. Terlebih jika krecek moms gunakan berbentuk kerupuk kulit. Moms cukup memsukan pada tahap terakhir. Mudah didaptakna dan praktis kerupuk kulit bisa jadi pilihan moms. Ketimbang krecek yang tebal dan kaku. 

Jangan Terlalu Lama Memasak Krecek