Siapa tak suka dengan buah alpukat? Mengandung bayak lemak baik, buah satu ini bagus dikonsumsi saat moms menjalani diet. Membuat perut kenyang, tapi juga mengandung tinggi serat. Memiliki banyak varian, jenis alpukat mentega banyak diminati karena dagingnya yang tebal dan teksturnya yang pas untuk smoothies ataupun dimakan begitu saja. Wah jadi pengen ya, moms.

Namun untuk menikmatinya tentu buah alpukat harus dalam kondisi matang, jika mentah pasti tak enak. Tekstur dagingnya keras dan rasanya tak enak di lidah. Agar alpukat cepat matang, selain dipastikan buahnya sudah cukup waktu saat dipetik selanjutnya bisa lakukan tips berikut ini.

Panaskan Di Oven

Suhu panas pada oven membuat alpukat cepat matang. Caranya yaitu dengan membungkus buah alpukat dalam keadaan terbungkus alumunium foil. Penggunaan alumunium foil bertujuan untuk merangsang dan manangkap gas etilen pada buah alpukat. Seperi diketahui gas etilen merupakan gas yang membantu pemasakan buah alpukat. Gas ini sebenarnya bisa keluar secara alami. Namun karena moms ingin membuat alpukat cepat masak, tak ada salahnya merangsang gas tersebut.

Panaskan alpukat pada oven selama 10 menit dengan suhu sedang. Namun sebelum memasukan ke dalam oven pastikan buahnya dalam keadaan sudah cukup waktu saat dipetik. Sementara jika buah dalam keadaan setengah matang atau sering disebut 'mengkel', moms hanya butuh waktu 2 menit saja.

Panaskan Di Oven
baca juga

Gunakan Microwave ​​​​​​​

Selain oven, moms juga bisa memasukan alpukat ke dalam microwave agar cepat matang. Caranya tusuk buah alupkat dengan garpu di beberapa bagian. Masukan ke dalam microwave selama 30 detik. Kemudian keluarkan dan coba tekan alpukat  jika masih keras masukan kembali ke microwave dalam waktu yang sama. Metode ini memang dapat membuat tekstur alpukat lebih lunak moms, namun untuk rasa tak bisa seenak matang pohon tentunya. Jadi hal yang wajar ketika moms mengonsumsi alpukat dari microwave memiliki rasa berbeda. Bahkan kadang alpukat cenderung terbakar.

Simpan Bersama Buah Kiwi

Buah alpukat dalam kondisi setengah matang bisa cepat matang dengan menggabungkan buah lain di sebuah kantong. Masukkan alpukat ke dalam kantong dengan buah kiwi, pisang atau apel. Pilih salah satu jenis buah tersebut atau ketiganya. Buah-buah tersebut dipilih, terutama apel dan kiwi, lantaran mampu mengeluarkan senyawa etena yang berfungsi mematangkan buah.

Simpan Bersama Buah Kiwi
baca juga

Pendam Alpukat di Dalam Beras

Cara ini paling sering dilakukan moms. Masukan buah alpukat dalam wadah. Kubur dalam beras kemudian tutup rapat. Terakhir diamkan selama 2-3 hari. Memendam alpukat ke dalam beras dapat membuat buah cepat matang. Gas etilen yang ditimbulkan dari suhu hangat beras dapat membuat buah cepat matang. Rasanya pun lebih alami moms. Dibandingkan menggunakan microwave. 

Pendam Alpukat di Dalam Beras

Bungkus Alpukat dengan Paperbag

Ada banyak cara untuk membuat alpukat lekas masak. Selain empat cara di atas moms juga bisa menggunakan paperbag. Caranya bungkus alpukat dengan paperbag. Membungkus rapat buah alpukat dengan paperbag juga bisa buat buah cepat masak. lho. Hal ini karena ruangan panas yang diciptakan. Buah alpulkat pun cepat matang.

Bungkus Alpukat dengan Paperbag