Kandungan gizi dan manfaat kulit ikan salmon

Dilansir dari Healthline, ikan salmon termasuk jenis ikan yang padat nutrisi, baik pada daging maupun kulitnya. Kandungan gizi ikan salmon adalah setiap satu porsi (18 gram) kulit ikan salmon goreng mengandung 100 kalori, 7 gram lemak, dan 10 gram protein.

Ikan salmon juga mengandung 4,023 miligram (mg) asam lemak omega-3, termasuk di bagian kulitnya. Jenis asam lemak inilah yang membuat tubuh ikan salmon tetap hangat saat berada di laut.

Bukan hanya bermanfaat bagi ikan salmon itu sendiri, kandungan asam lemak omega-3 ini juga terkenal bermanfaat bagi tubuh manusia. 

Kriuk Banget! Ini Resep Mudah Membuat Kulit Ikan Salmon yang Krispi
source: https://salmonbusiness.com/salmon-skin-crips-to-hit-the-market/

Asam lemak omega-3 diperlukan tubuh untuk meningkatkan kesehatan jantung, melindungi otak dari degenerasi, menjaga kulit tetap kenyal dan sehat, serta menurunkan risiko degenerasi makula terkait usia.

Karena nutrisinya yang melimpah inilah, ikan salmon menjadi salah satu jenis ikan yang direkomendasikan oleh Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat, setara dengan Badan POM di Indonesia. Bahkan, FDA menganjurkan masyarakat untuk makan ikan salmon setidaknya 2-3 porsi setiap minggu untuk meraih manfaat ikan salmon secara maksimal.

Resep membuat kulit ikan salmon agar renyah dan gurih

Berbagai cara bisa dilakukan untuk mengolah kulit salmon ini Moms. Salah satunya digoreng hingga kering dan krispi. Setelah matang lalu tinggal diberi nasi hangat ataupun dijadikan camilan sudah sangat lezat. Cocok juga untuk lauk makan si kecil, karena rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah.

Penasaran seperti apa cara membuatnya? Yuk kita simak bersama!


Bahan-bahan :

  • 500 gram kulit ikan salmon
  • 1 buah jeruk lemon, peras airnya saja
  • 4 sdm cuka
  • 300 ml air dingin
  • 500 gram tepung terigu
  • Minyak goreng secukupnya
  • Garam secukupnya
youtube:9fro4902hhI
source: https://youtu.be/9fro4902hhI
Cara Menggoreng Kulit Salmon yang renyah.
Crispy salmon skin recipe
source: https://youtu.be/9fro4902hhI

Cara membuat  :

  1. Bersihkan kulit salmon kemudian cuci kulit hingga bersih. Cuci kulitnya di bawah air mengalir, lalu tiriskan sebentar. Kemudian, potong-potong ikan salmon sesuai dengan selera. Tetapi, lebih baik kalau dipotong secara memanjang dan tidak terlalu kecil.
  2. Setelah itu, berikan kulit salmon yang sudah dipotong-potong dengan air perasan jeruk lemon. Aduk-aduk kulit ikan sampai air jeruk merata ke semua bagian. Sisihkan sebentar saja.
  3. Bagi tepung terigu menjadi dua bagian yang sama besar. Tuang air ke salah satu bagian tepung, lalu aduk-aduk sampai merata.
  4. Guling-gulingkan kulit salmon ke dalam adonan kering, lalu celupkan ke adonan basah. Lakukan sampai kulitnya habis semua, sisihkan dulu. Goreng kulit ikan salmon sampai matang dan krispi.
  5. Tuang minyak ke dalam wajan, lalu panaskan hingga sedikit mendidih. Kemudian, masukkan kulit ikan salmon satu per satu ke dalamnya.
  6. Goreng hingga matang dan kering. Kalau dirasa sudah matang, angkat kulit salmon dan tiriskan. Sajikan kulit ikan salmon dengan taburan garam atau bumbu. Hmm.. Yummy dan kriuk banget!
baca juga

Tips dalam mengolah kulit ikan salmon

1. Pastikan dulu ikan salmon yang Anda dapatkan dalam kondisi yang baik. Sebab bagaimanapun, salmon rentan terkontaminasi oleh polychlorinated biphenyls (PCBs), suatu zat karsinogen yang dapat memicu kanker dan cacat lahir.

Kriuk Banget! Ini Resep Mudah Membuat Kulit Ikan Salmon yang Krispi
source: https://www.burpple.com/f/ZsXU-zvL

2. Bagi Moms yang punya tekanan darah tinggi atau hipertensi, sebaiknya tidak perlu lagi menambahkan garam atau bumbu lainnya ke dalam sajian kulit salmon. Sebab, kulit salmon sendiri sudah mengandung natrium tinggi yang bisa semakin menaikkan tekanan darah Moms.

3. Kulit salmon memiliki bentuk yang cukup tipis, kulit ikan cukup tricky untuk diolah. Hindari penggunaan api panas saat proses menggorengnya, karena kulit ikan akan gosong dan lebih pahit rasanya.

Bagaimana Moms? Mudah bukan membuatnya? Selamat mencoba, ya!