Setiap daerah tentu memiliki caranya masing-masing dalam menyambut kelahiran bayi. Seperti dilansir Haibunda, berikut ini daftarnya, Moms.

Jepang: Kompetisi Bayi Menangis

Sebuah perayaan aneh untuk bayi di Jepang. Para bayi berkompetisi satu sama lain untuk melihat siapa yang lebih dulu menangis. Festival tersebut bernama Nakizumo yang bisa diartikan sebagai sumo menangis. Tradisi ini sudah berlangsung di beberapa area di Jepang sejak ratusan tahun yang lalu, misalnya saja di Kuil Sensoji, Asakusa, Tokyo.

Nakizumo biasanya diadakan setiap hari Minggu yang keempat di bulan April. Setiap pelaksanannya, puluhan bayi akan datang bersama orangtuanya ke kuil. Di sana, telah disiapkan panggung yang cukup besar lengkap dengan arena pertandingan sumo.

Jepang: Kompetisi Bayi Menangis
source: https://japanesestation.com/

Nah, dalam festival ini memang dibuat semacam pertandingan sumo. Tapi para pesumo tidak akan saling dorong, melainkan berlomba membuat para bayi menangis. Pesumo yang lebih dahulu berhasil membuat bayi menangis akan menjadi juaranya, namun kalau kedua bayi menangis di saat yang sama maka tangisan yang paling kencang pemenangnya.

Mereka percaya bahwa bayi yang banyak menangis lebih sehat daripada mereka yang tidak menangis. Mitosnya, mereka akan tumbuh lebih cepat.

baca juga

Spanyol: Melompati Bayi

Di Spanyol ada upacara bayi yang aneh sekaligus menegangkan. Bayi-bayi ditidurkan di atas kasur. Kemudian, seorang pria akan melompati bayi-bayi tersebut. Pria yang melompati bayi ini melambangkan iblis. Mereka meyakini bahwa dengan melompati bayi akan menangkal roh jahat dan akan ada banyak kesejahteraan untuk mereka.

Spanyol: Melompati Bayi
source: https://travel.detik.com/

Sebelum tradisi unik ini dimulai, seorang pria mengenakan kostum setan kemudian melompati 4-5 bayi berumur satu tahun. Bayi-bayi imut itu terlentang di atas matras yang diletakkan di atas jalan raya. Konon, tradisi ini sudah ada sejak 1620 silam.

Mauritania: Meludahi Bayi

Orang-orang Wolof di Mauritania percaya bahwa air liur manusia dapat mempertahankan kata-kata. Sehingga, mereka meludahi bayi yang baru lahir untuk menambahkan berkat pada bayi tersebut. Ketika bayi lahir, wanita meludahi pipi bayi dan laki-laki meludahi telinga bayi. Kemudian, mereka menggosok air liur tersebut di seluruh kepalanya.

Mauritania: Meludahi Bayi
baca juga

Guatemala: Merendam Bayi Di Air Es

Orang-orang suku Maya punya budaya merendam bayi di air es. Di negara-negara panas seperti Guatemala, mereka berpikir bahwa mandi es adalah cara terbaik untuk melawan panas. Bayi-bayi umumnya menangis ketika mandi air es. Tapi, para ibu tetap tidak khawatir. Mengutip Listverse, mereka mengaku, bayi akan tertidur setelah mandi air es.

Guatemala: Merendam Bayi Di Air Es

Irlandia: Mengoleskan Kue Di Kepala Bayi

Beberapa pasangan di Irlandia menyimpan sedikit kue pernikahan mereka. Setelah bayi lahir, mereka akan menggunakan kue itu untuk pembaptisan. Kepala bayi diusapkan dengan kue pernikahan kedua orang tuanya itu.

Irlandia: Mengoleskan Kue Di Kepala Bayi

Nah Moms, bagaimana? Cukup aneh ya, moms. Kalau Mommies, seperti apa sih tradisi menyambut kelahiran bayi di daerah Moms?