Belakangan ini banyak beredar video di Facebook yang memperlihatkan bagaimana perilaku turis Indonesia di Jepang. Pasalnya, karena hanya ingin selfie di depan shinkansen, mereka akhirnya membuat kerekta ini terlambat berangkat. Video ini diunggah pertama kali di Facebook oleh sebuah akun bernama Kucing Putih. Ia diketahui adalah seorang warga negara Indonesia yang berada di Jepang.

Asik Selfie, Turis Indonesia Bikin Shinkansen di Jepang Telat 10 Menit
source: https://www.detik.net.id/

Dilansir dari DetikTravel, video tersebut menampilkan tingkah turis yang sedang berfoto di sisi depan kereta shinkansen. Mereka tampaknya tidak menyadari bahwa kereta tersebut dalam kondisi yang siap untuk berangkat. Yang membuat tingkah mereka mengganggu adalah para turis ini berada di luar batas aman. Itu sebabnya kereta tidak bisa berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Selain berdiri di luar batas aman, salah satu dari mereka juga tampak menyandarkan tangan pada sisi pembatas platform dan kereta. Ini adalah hal yang sangat membahayakan dan membuat masinis tidak bisa memberangkatkan keretanya. Tak lama kemudian, masinis shinkansen itu akhirnya membunyikan klakson. 

Asik Selfie, Turis Indonesia Bikin Shinkansen di Jepang Telat 10 Menit
source: https://www.medium.com/

Perilaku turis-turis itu sangatlah keterlaluan. Apalagi jika menyadari bahwa mereka menyebabkan kereta shinkansen yang akan menuju Tokyo itu terlambat. Kita tentu tahu bahwa di Jepang, keterlambatan adalah hal yang sangat serius. 

baca juga

Dalam postingannya, pengunggah video itu menulis caption:

"Disuruh minggir sama petugas gak mau. Soalnya Shinkansennya mau berangkat, mereka asyik foto-foto, tapi gangguin perka klb, jadi telat semua ini Shinkansen. Akhirnya Shinkansen ke arah Tokyo pada telat 10 menit semua."

Asik Selfie, Turis Indonesia Bikin Shinkansen di Jepang Telat 10 Menit
source: https://www.medium.com/

Selain itu, diketahui para turis ini sedang menunggu kereta mereka yang belum tiba. Sambil menunggu, mereka memutuskan untuk berfoto di depan kereta yang sedang bersiap untuk berangkat. Akibatnya, semua kereta shinkansen menuju Tokyo pada hari itu menjadi terlambat 10 menit. 

Semoga ini dapat menjadi pelajaran bagi kita semua saat berlibur ke manapun. Baik itu luar negeri ataupun dala negeri, kita harus selalu menghargai aturan yang berlaku di sana. Jangan sampai kita menyusahkan dan mengganggu sistem yang sudah berjalan di sana.