Tanda Anak Manja

Ketika anak tumbuh menjadi manja, sebenarnya bisa dilihat dari tanda-tanda berikut ini, Moms.

Anak akan tantrum saat ada yang mengatakan "tidak"
Setiap anak akan sulit menerima penolakan. Saat mereka dilarang sesuatu, respon yang terjadi biasanya akan protes dan menangis. Itu adalah tanda yang wajar. Kekesalan itu akan perlahan menghilang sampai akhirnya ia bisa menerima keadaannya tersebut. 

Berbeda halnya dengan anak manja. Mereka kesulitan menerima penolakan. Saat seseorang melarang dan mengatakan "tidak" padanya, ia akan tantrum dalam waktu yang agak lama. Kalaupun didiamkan, ia akan bertahan sampai mendapatkan apa yang diinginkan. Hal ini terjadi setiap waktu dan tidak berangsur berkurang saat mereka lebih besar. 

Tidak Pernah Puas
Anak-anak mungkin mendapat semua pakaian dan mainan sampai tak terhitung jumlahnya. Namun mereka akan kerap meminta mainan yang baru atau sesuatu yang baru. Pada akhirnya, ia jadi anak yang rakus. Ini dikarenakan mereka terus diberikan hal-hal yang diinginkan sampai pada akhirnya kurang bisa menghargai benda tersebut.

Mau Apa Saja Sekarang
Anak manja cenderung tidak sabaran. Jika ingin sesuatu, mereka harus mendapatkannya sekarang juga, tidak bisa menunggu. Salah satu penyebabnya adalah karena orangtua selalu mengiyakan apapun yang diinginkan anaknya. Untuk menguranginya, Mama bisa menunda sebentar semua permintaan anak. 

Kenapa Anak Jadi Manja? Yuk, Ketahui Penyebab dan Tips Mengatasinya!
source: https://health.detik.com/

Tak Bisa Menerima Kekalahan
Setiap anak memang tidak suka kalah, selalu ingin menjadi yang nomor satu. Namun anak yang manja benar-benar sulit menerima kekalahan. Mereka bisa tantrum dan menangis terus-terusan saat mereka mengalami kekalahan. Bahkan ia bisa berteriak dan memukul saat tidak terima kekalahan.

Tak Akan Menyerah Sebelum yang Diinginkan Didapatkannya
Anak manja sering memanipulasi orang lain untuk mendapatkan persetujuan atau kata "iya". Tak jarang juga akhirnya mereka berbohong dan melawan orangtua demi mendapatkan apa yang diinginkannya. 

Penyebab Anak Manja

Moms, ketika membesarkan anak, terkadang sebagai orang tua, Moms tidak menyadari bahwa apa yang Moms lakukan adalah penyebab anak menjadi manja. Jadi sebaiknya dihindari. Apa saja, Moms?

Menyerah Pada Permintaan Anak
Tak jarang anak merengek dalam meminta sesuatu yang tak Moms perbolehkan. Salah satu yang menjadi ciri anak manja adalah ketika mereka berhasil mendapatkan apa yang diinginkan. Tak jarang hal ini terjadi karena Moms malas mendengar mereka yang terus merengek, atau tak tega. Hal ini sebenarnya wajar saja dilakukan orang tua.

Mengatakan Ancaman Kosong
Saat anak sudah mulai merengek akan sesuatu, orang tua biasanya akan melontarkan ancaman. Namun demikian, ancaman tersebut biasanya tak benar-benar direalisasikan. Hal ini sebenarnya kurang baik, jangan melontarkan ancaman yang kira-kira tak akan pernah dilakukan karena anak akan berpikir bahwa mereka sedang dibohongi. Dan anak-anak akan tak akan pernah takut lagi.

Kenapa Anak Jadi Manja? Yuk, Ketahui Penyebab dan Tips Mengatasinya!

Membantu Dalam Segala Hal
Moms mungkin merasa tak tega melihat Si Kecil marah atau bersedih karena tak mampu melakukan sesuatu. Karena rasa tak tega tersebut akhirnya Moms memutuskan untuk membantu mereka, bahkan dalam hal kecil sekalipun. Wajar sih, namun hal inilah yang rupanya dapat membuat mereka menjadi anak manja.

Memenuhi dengan Materi yang Berlebihan
Mungkin Moms ingin Si Kecil tak ketinggalan tren seperti teman-temannya, dan bergembira melihat ekspresi senang mereka. Namun dengan memberikan materi yang berlebihan, membuat mereka tidak menghargai apa yang dimiliki. Dengan begitu banyak hal yang dapat mereka pilih mereka tidak dapat berlatih untuk bersyukur.

Lupa Mengajarkan Tanggung Jawab
Sikap bertanggung jawab pada anak-anak dimulai dari hal kecil, seperti membereskan mainan, memakai sepatu sebelum pergi dan hal kecil lainnya. Kelihatannya memang sederhana, namun bila terus menerus dibiarkan untuk tak menyelesaikan sebuah pekerjaan maka mereka akan terbiasa untuk sesuka hatinya.

baca juga

Tips Mendidik Anak Agar Tidak Manja

Nah Moms, sesekali boleh saja memanjakan anak, namun ada baiknya Moms melakukan beberapa hal berikut ini aga si kecil tidak tumbuh menjadi anak manja. Berikut ini daftarnya.

Konsisten dengan apa yang diucapkan
Perubahan sikap dan ucapan yang Moms tunjukkan akan diingat terus oleh si Kecil. Ia pun berkesimpulan bahwa, jika ia merengek atau memaksa, Moms akan memenuhi keinginannya. Jika Moms tidak mengubah sikap seperti ini, si Kecil bisa bertumbuh menjadi anak yang manja, selalu ingin kemauannya dituruti, dan tidak bisa menerima penolakan. Jadi jika Moms sudah berkata 'Tidak', tetaplah konsisten dengan apa yang Moms ucapkan.

Tidak selalu membantu
Moms harus dapat mengetahui mana kegiatan anak yang perlu dibantu, dan mana yang bisa ia lakukan sendiri. Moms dapat memberikan bantuan pada kegiatan yang memang perlu bantuan orang dewasa, seperti memotongkan kertas, mengambilkan makanan, mempersiapkan peralatan sekolah si Kecil, dan sebagainya

Jangan Berbohong
Tekankan pentingnya berkata dan bersikap jujur pada si Kecil. Ini penting ya, Moms, bukan hanya untuk mencegah si Kecil menjadi manja, tetapi juga untuk masa depannya. Ajari si Kecil agar berani bersikap terbuka tentang perasaannya atau masalah yang ia hadapi.

Kenapa Anak Jadi Manja? Yuk, Ketahui Penyebab dan Tips Mengatasinya!

Berikan penjelasan yang jelas
Ketika permintaan anak tidak dituruti oleh orang tuanya, ia akan merasa menangis, marah, dan kesal. Namun Moms harus tetap konsisten dengan ucapan dan keputusan yang sudah diutarakan. Untuk membantu si Kecil mengatasi kesedihannya, Mam dapat menyampaikan alasan mengapa menolak menuruti kemauannya secara lembut dan jelas.

Memberi Cukup Perhatian
Perhatian yang cukup dari orang tua akan membuat anak bahagia dan nyaman. Perhatian di sini maksudnya bukan sekadar memberikan materi atau barang-barang kesukaan anak. Lebih jauh lagi, perhatian yang dapat turut membentuk karakter mandiri anak adalah kepedulian orang tua terhadap perasaan dan aktivitas si Kecil.

Nah Moms, jadi jangan biarkan si kecil tumbuh jadi anak manja, ya. Karena ini akan berpengaruh pada tumbuh kembangnya dan terbawa hingga ia dewasa.