Bukan rahasia lagi sebagai seorang ibu yang menentukkan pengeluarn setiap bulan. Moms pun selalu menyiapkan budget untuk kebutuhan si kecil. Di dalamnya juga termasuk untuk membeli perlengkapan sandang, termasuk sepatu si kecil. Tak seperti baju, yang membuat moms membelinya setiap bulan, namun mengganti sepatu baru di waktu yang tepat perlu diperhatikan moms.

Terkadang ketika anak menyukai salah satu sepatu selalu menggunakan sepatu itu-itu saja di berbagai aktivitasnya. Kondisi ini membuat sepatu si kecil cepat lusuh. Dan jika menunjukkan cirri-ciri berikut ini wajib moms ganti. Agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada si kecil.

Sepatu Terlalu Sempit

Pertumbuhan si kecil cukup cepat moms. Kadang tanpa disadari sepatu telah sempit. Moms harus mengetahui betul kapan ukurannya harus ditambah. Perhatikan saat si kecil mengenakannya. Karena kadang saking senangnya mengenakan sepatu kesukaanya, tak jarang si kecil bertahan memakainya. Kesulitan menggunakan alas kaki tersebut menjadi salah satu ciri ukuran kaki anak makin besar. Segeralah mengganti ukuran yang lebih besar. Menggunakan sepatu kekecilan dapat membuat kaki anak mudah lecet dan terluka.

Sepatu Terlalu Sempit
baca juga

Warna Sepatu Tampak Pudar

Saat warna sepatu tampak pudar, inilah waktunya untuk mengganti yang baru moms. Warna lusuh pada sepatu memang tidak menyebabkan bahaya pada kaki. Namun demi menunjang penampilan buah hati moms, tak ada salahnya untuk membelikan sepatu baru untuknya. Warna yang memudar biasanya diakibatkan oleh seringnya di cuci dan terkena paparan sinar matahari.

Warna Sepatu Tampak Pudar

Jahitan Pada Sepatu Telah Terlepas

Ciri berikutnya sepatu si kecil wajib diganti adalah terdapat kerusakan pada alas kakinya. Yang paling mudah dilihat terlepasnya jahitan pada sol sepatu. Keruskan ini diakibatkan aktifnya si kecil dalam menjalani aktifitas. Jangan tunggu sampai sol sepatu lepas terlalu lebar. Tentu membuat sepatu tidak bisa digunakan. Selain jahitan pada, moms juga harus memperhatikan alas pada bagian dalam sepatu. Jika sudah menipis, juga wajib diganti.
 

Jahitan Pada Sepatu Telah Terlepas
baca juga

Bagian Tumit Menipis

Sepatu yang sering dikenakan biasanya terlihat jelas pada bagian tumitnya menipis. Jika sepatu si kecil terlihat demikian segera ganti ya moms. Bukan apa-apa, bagian tumit yang tipis bisa berbahaya. Bergeseskan dengan lantai atau jalanan, pada bagian tersebut bisa saja menjadi licin. Sehingga rawan membuat anak terpeleset. Seperti kita katahui aktifitas si kecil tidak bisa dibatasi. Hanya karena moms takut dia terpeleset. Jadi segera ganti yang baru. Jika moms khawatir si kecil tak suka, moms bisa memilih model serupa.

Bagian Tumit Menipis

Mengeluarkan Bau Tak Sedap

Digunakan setiap hari sepatu anak bisa membuat kakinya berkeringat. Kondisi ini pun akan menimbulkan bau tak sedap pada sepatu. Jika bau tak bisa hilang meski telah dicuci, itu artinya moms harus segera  mengganti sepatu si kecil dengan yang baru. Bau yang tidak bisa dihilangkan merupakan akibat dari lapisan anti mikroba pada sepatu telah rusak. Hal ini tentu membuat anak tidak percaya diri dan terganggu.Belum lagi keringat pada kaki menimbulkan banyak bakteri yang bisa membuat gangguan kulit pada kaki, seperti gatal-gatal.

Mengeluarkan Bau Tak Sedap