Di tahun baru 2020 resolusi apa yang ingin moms capai? Menurunkan berat badan kah atau ingin mempertahankan tubuh yang sudah dirasa cukup saat ini? Namun terkadang kita sulit untuk berkompromi nafsu pada makanan, hingga akibatnya membuat kita lapar "palsu".

Selain itu situasi memaksa kita perlu menghindari makanan favorit, seperti snack, kue, gorengan, serta berbagai makan yang justru akan merugikan tubuh. Alasan tersebut membuat kita harus mengonsumsi makanan sehat.

5 Makanan yang Gak Akan Bikin Gemuk, Bisa Makan Sepuasnya!

Agar semua usaha tidak sia-sia, biasakan mengonsumsi makanan sehat. Dilansir dari FoodDetik, 5 makanan ini bisa moms nikmati sepuasnya tanpa takut membuat berat badan naik. Pasalnya, kelima makanan ini mengandung nutrisi baik dengan kalori yang rendah. Yuk cari tahu moms!

1. Seledri

Sebagai bumbu penyedap dalam berbagai masakan, teryata 95% kandungan saledri ialah air. Selain itu, ia juga mengandung kalium, asam folat, serat, dan 30 % vitamin K yang berguna bagi tubuh. Jumlah kalori yang terkandung di saledri juga tergolong rendah, yaitu 14 kalori setiap 100 gram.

1. Seledri
baca juga

2. Kale

Di tahun 2019, banyak pelaku diet memanfaatkan kale sebagai makanan sehari-hari. Serupa dengan sayuran lainnya, rasa pait kale dapat dapat ditoleransi. Kandungan nutrisi vitamin dan mineral sangat baik bagi kesehatan tubuh. Di dalam kale ada vitamin A, D, dan K. Ada pula kandungan asam lemak omega-4 dan asam folat.

Lalu bagaimana dengan kalorinya? Moms jangan khawatir, pasalnya dalam 100 gram kale hanya mengandung 49,5 kalori.

2. Kale

3. Blueberry

Selanjutnya ada buah dari keluarga berry. Selain kaya dengan vitamin C, blueberry juga mengandung vitamin A, K, dan B6. Selain itu, bagi moms yang ingin kulit kencang buah berwarna biru cocok dikonsumsi. Pasalnya ia tergolong mengandung antioksidan tinggi dibanding dengan buah lainnya.

Kandungan 14% serat yang terkandung di dalam blueberry pun mampu memenuhi jumlah serat harian tubuh. Tanpa rasa bersalah, mom bisa mengonsumsinya. Karena setiap 100 gram blueberry hanya mengandung 57,4 kalori.

3. Blueberry
baca juga

4. Timun

Sahabat lalapan alias timun ternyata bisa dikonsumsi sepuasnya loh moms! Setiap 100 gram timun, hanya mengandung kalori 16 kalori. Pasalnya kandungan timun didominasi oleh air sedangkan nutrisi terdapat pada biji dan kulitnya.

Kulit dan biji timun menyediakan serat serta vitamin A yang membentuk Beta Karoten. Vitamin A pada timun ini sangat baik bagi moms. Slain itu ada kandungan potasium, flavoniod, vitamin K, fisetin, dan cucurbitacins.

4. Timun

5. Tomat

Moms yang ingin menurunkan berat badan, tomat bisa jadi makanan yang bersahabat. Karena dalam 100 gram tomat hanya mengandung 18 kalori. Dengan bebas moms bisa mengonsumsi tomat sebagai camilan sehari-hari.

Tapi adakah kandungan tomat yang menguntungkan bagi tubuh? Banyak loh, moms. Kandungan karotenoid dapat membantu melawan penyakit kronis. Selain itu, vitamin A, C, dan B2, serta folat, kromium , kalium, dan serat.

So, selamat menikmati moms!