Puput Nastiti Devi telah melahirkan anak pertamanya dari sang suami, Ahok. Untuk pertama kalinya, ia memperlihatkan bayinya seutuhnya. Momen bahagia itu pun dibagikan Puput dalam akun Instagram @puput_basukipurnama. Dalam unggahan tersebut, terlihat Yosafat Abimanyu Purnama sedang berada di tempat tidurnya.

Melalui unggahannya, Puput juga memberi harapan untuk sang buah hati. Ia ingin Yosafat kelak punya andil untuk Indonesia.

Yosafat Lahir! Ini Harapan Puput Nastiti, Istri Ahok Pada Sang Buah Hati
source: https://www.instagram.com/puput_basukipurnama/
"Jadilah orang yang berguna untuk bangsa ini", tulis Puput dalam unggahannya.
source: https://www.instagram.com/puput_basukipurnama/

Unggahan tersebut mendapatkan sekitar tujuh ribu like dari netizen.

Ketika Ahok Peluk Yosafat

Selain harapan Puput yang menginginkan Yosafat berguna untuk bangsa dan negara. Ada pula momen ketika Ahok memeluk anaknya skin to skin yang diunggah melalui akun instagram @puput_basukipurnama. Dalam unggahan tersebut tertulis "you are my everything"

Dalam unggahan tersebut terlihat Ahok memeluk sang buah hati yang baru lahir.

Ketika Ahok Peluk Yosafat
source: https://www.instagram.com/puput_basukipurnama/
baca juga

Manfaat Skin To Skin Antara Ayah dan Bayi

Sepertinya yang dilakukan Ahok pada putranya, Yosafat, sebenarnya apa sih Moms manfaat skin to skin antara anak yang baru lahir dengan sang ayah? Mengutip dari Kangaroo Mothercare, skin to skin pada bayi saat lahir akan membantunya menstabilkan kondisinya. Selain itu bisa menjadi ajang bonding dengan orang tuanya. Apa lagi ya manfaatnya? Berikut manfaat skin to skin bagi ayah dan bayi.

Manfaat Bagi Ayah

Membuat Psikologis Ayah Baik
Ketika Ayah skin to skin dengan bayi, hormon oksitosin alami dalam tubuhnya meningkat. Dengan peningkatan kadar oksitosin, tingkat testosteron ayah menurun. Pergeseran hormon ini menciptakan respons relaksasi dan damai.

Lebih Dekat dengan Bayi
Skin to skin bisa membantu ayah mengenal lebih dekat dengan bayinya. Para ayah lebih interaktif dengan bayi mereka.

Lebih Peka dan Percaya Diri
Ayah akan lebih peka atau sensitif dan sadar dengan kebutuhan bayinya. Ayah merasa lebih terbiasa dengan bayinya. Lebih percaya diri tentang keterampilan pengasuhannya.

Manfaat Skin To Skin Antara Ayah dan Bayi
source: https://www.haibunda.com/

Manfaat bagi Bayi

Baik untuk Perkembangan Otak
Kontak skin to skin adalah pengalaman multi-indra. Memegang bayi pada kulit ayah meningkatkan perkembangan jalur saraf penting, yang mempercepat pematangan otak.

Menenangkan dan Mengurangi Stres
Skin to skin dengan ayah sangat menenangkan bayi sehingga kadar kortisol bayi (hormon stres) menurun secara signifikan setelah hanya 20 menit kulit dipegang. Bahkan rasa sakit mereka berkurang saat memegang kulit ke kulit.

Perbaiki Kualitas Tidur
Perkembangan fungsi otak dewasa pada bayi tergantung pada kualitas siklus tidur mereka. Selama skin to skin, kebanyakan bayi tertidur dengan mudah, bisa tidur tenang, dan tidur nyenyak alami selama 60 menit atau lebih.

Baik untuk Kesehatan
Skin to skin dengan ayah sangat baik bagi bayi. Hal ini karena bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, merangsang pencernaan, dan berat badan. Kemudian bisa mensinkronisasi detak jantung dan napas.

Nah, jadi penting kan Moms skin to skin ayah dan bayi ketika baru lahir. Jadi jangan lupakan bagian itu ya, Moms, ketika si kecil lahir.