Tips Menggoreng Bawang Merah agar Renyah dan Gurih

Bawang merah goreng sejak dulu dikenal sebagai topping penyedap aneka masakan. Terutama untuk masakan yang berkuah seperti sup, kare atau sejenisnya. Namun sayangnya seringkali mommies kurang beruntung ketika menggoreng bawang goreng yang berakhir lembek. Padahal yang diharapkan adalah bawang goreng yang renyah dan gurih seperti yang dijual di pasaran.

Tips Menggoreng Bawang Merah agar Renyah dan Gurih

Namun jangan khawatir moms. Ternyata begini tips agar menghasilkan bawang merah goreng yang gurih dan renyah. Simak baik-baik ya, moms!

Pilih Bawang Merah Ukuran Besar

Memilih bawang merah yang berukuran besar agar memudahkan kamu dalam mengupas dan mengirinya tipis, Moms. Berbeda jika bawang merah berukuran kecil, itu akan membuatmu sedikit kesulitan dalam mengiris tipis bawang merahnya.

Tidak hanya itu, pilihlah bawang merah yang memiliki kadar air rendah moms. Karena akan mempengaruhi kualitas bawang merah goreng yang kamu inginkan.

Pilih Bawang Merah Ukuran Besar
baca juga

Iris Tipis Bawang Merah

Untuk menghasilkan bawang merah goreng yang renyah, kamu perlu mengirisnya tipis. Jika memiliki alat pengiris bawang, mungkin akan lebih memudahkanmu dalam mengiris bawang merah tersebut.

Iris Tipis Bawang Merah

Rendam Air Garam

Sebelum memasukkan irisan bawang merah goreng ke dalam penggorengan, moms perlu merendamnya dengan air garam. Campurkan satu sendok garam dengan satu liter air, lalu remas perlahan dan rendam bawang terlebih dahulu selama kurang lebih 30 menit. Rendaman air garam tersebut akan membuat bawang lebih gurih dengan tekstur yang renyah.

baca juga

Taburkan Tepung Maizena dan Tepung Beras

Setelah direndam dengan air garam tiriskan, lalu taburkan sedikit tepung maizena dan tepung beras. Hal ini dapat menambah rasa renyah pada bawang merah goreng kamu, Moms. Untuk takaran satu kilogram bawang merah, kamu hanya perlu menaburkan satu sendok tepung maizena. Lalu keringkan sekitar 2-3 jam agar kandungan air dalam bawang berkurang.

Taburkan Tepung Maizena dan Tepung Beras

Goreng dengan Api Kecil

Selain api yang kecil, moms juga perlu memanaskan terlebih dahulu wajan dengan minyak yang cukup hingga membuat bawang tenggelam sempurna. Sembari menggoreng, perhatikan apinya agar tidak terlalu besar. Karena akan menjadikan bawang merah goreng cepat gosong.
Jangan lupa untuk mengaduk bawang merah agar matangnya merata.

Goreng dengan Api Kecil

Tiriskan Bawang Goreng

Setelah matang, tiriskan terlebih dahulu agar minyak berkurang lebih banyak. Karena jka langsung diiletakkan di kertas minyak atau sejenisnya, maka minyak yang tersisa akan menjadikan bawang goreng tidak renyah dan lembek karena tercampur dengan minyak.

Mudah bukan moms? selamat mencoba!

Tiriskan Bawang Goreng