Penyakit Kanker

Kanker adalah penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Dalam perkembangannya, sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga dapat menyebabkan kematian. Sejak dahulu, penyakit kanker sudah dikenal sebagai penyakit mematikan. Hal ini disebabkan karena sampai saat ini belum ditemukan obat kanker yang akurat dan dapat menyembuhkan penyakit tersebut.

Penyakit Kanker

Oleh karena itu, sebaiknya mencegah merupakan langkah yang sangat baik untuk menjaga diri dari penyebab kanker. Salah satunya melalui makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Nah moms, berikut beberapa bahan untuk makanan pencegah penyakit kanker.

Sayur Kale

Sayur kale merupakan salah satu dari kumpulan sayuran hijau. Namun Kale tergolong dalam keluarga kubis seperti brokoli, kembang kol, dan sawi. Kandungan yang banyak ditemukan pada sayur kale adalah mineral dan vitamin.

Sayur Kale

Konon sayur kale baik untuk mencegah atau menghambat pertumbuhan sel kanker moms. Hal ini disebabkan karena Kale mengandung zat yang disebut sulforaphane. Zat ini merupakan salah satu antioksidan dan simulator dari enzim detoksifikasi. Sulforaphane disebut-sebut dapat menghambat pertumbuhan kanker, salah satunya adalah kanker payudara.

baca juga

Alpukat

Siapa yang tidak tahu alpukat? Buah yang kaya akan vitamin dan antioksidan ini ternyata berpengaruh dengan sel kanker lho moms. Kandungan antioksida yang banyak pada buah ini mampu mencegah atau menghambat pertumbuhan sel kanker yang membahayakan bagi tubuh moms. Selan itu, manfaat antioksidan juga mampu menangkal berbagai macam penyakit moms. Maka mengkonsumsi buah alpukat secara rutin mampu membantumu menjaga kesehatan sejak dini moms.

Alpukat

Kurma

Buah selanjutnya adalah kurma. Kurma dikenal merupakan sumber energi yang esar untuk kesehatan tubuh. Kurma memiliki kalori yang banyak serta antioksidan yang banyak mampu membantu menhambat pertumuhan kanker moms. Bahkan mampu dijadikan makanan pencegah pertumbuhan sel kanker. Selain itu kurma juga mengandung gula alami yang baik untuk kesehatan tubuh. Jadi jangan remehkan kurma ya moms!

Kurma
baca juga

Minyak Zaitun

Selain untuk perawatan kecantikan, minyak zaitun ini ternyata juga mampu digunakan untuk perawatan kesehatan moms. Minyak zaitun mengandung antioksida dan zat ati inflamasi yang baik untuk kesehatan. Selain itu, minyak ini juga mengandung oleocanthal. Oleocantal merupakan senyawa antimikroba, antioksidan dan anti-inflamasi yang secara alami ditemukan dalam minyak zaitun berkualitas tinggi yang tidak dimurnikan. Kandungan oleocanthal ini diperkirakan mampu mencegah melanoma, sel kanker  payudara, hati, dan usus.

Minyak Zaitun

Air Lemon

Air lemon atau air perasan lemon ini juga dikenakl sebagai minuman asam yang bermanfaat bagi kesehatan. Adapun jika air lemon  air lemon panas mampu membunuh sel kanker, berbeda manfaat jika dingin, maka jika air lemon itu dngin, maka manfaatnnya berbeda lagi jika dingin moms.

Air Lemon

Madu

Sejak dulu madu dikenal sebagai minuman yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh. Menurut Ketua High Desert Indonesia (HDI) 2013 dr. Ivan Hoesada menyampaikan bahwa madu sebagai bahan alami yang kaya akan zat anti peradangan. Kandungan ini bisa merangsang sistem imun tubuh untuk bekerja dengan lebih baik.

Madu

Adapun kandungan madu yang mampu membantu dalam pencegahan penyakit kanker yakni kandungan antioksidan seperti flavonoid, asam organik, serta senyawa fenolik yang mencegah paparan buruk radikal bebas dan stres oksidatif.

Cara Membuat makanan Pencegah kanker

Bahan yang dibutuhkan:

  • Sayur kale
  • Alpukat
  • 7-9 kurma
  • Minyak zaitun/ evoo secukupnya
  • Perasan jeruk lemon/ nipis
  • Madu secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Potong kecil-kecil daun kale dan alpukat.
  2. Selanjutnya siramkan air jeruk nipis, madu dan minya zaitun secukupnya, aduk rata.
  3. Kemudian potong kurma kecil-kecil dan taburkan diatasnya sebai topping.
  4. Selanjutnya makanan siap disantap moms. Selamat mencoba!
Cara Membuat makanan Pencegah kanker