Kandungan cangkang telur

Cangkang telur merupakan limbah organik yang memiliki banyak manfaat. Manfaat cangkang telur ayam tersebut seperti untuk pengusir hama dan pupuk organik. Hal ini disebabkan karena cangkang teur ayam mengandung kalsium yang dibutuhkan tanah untuk menyuburkan tanaman. Adapun kandungan utama cangkang telur yaitu kalsium karbonat yang berfungsi untuk menguatkan tanaman. Nah, moms tentunya bisa dibayangkan jika moms menggunakan pupuk cangkang telur ayam ini akan menyuburkan tanamanmu moms.

Kandungan cangkang telur

Kandungan lain dari cangkang telur tersebut adalah kalsium, natrium, kalium, magnesium, dan fosfor yang dapat dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman, menghilangkan kecoa dan tikus serta menghilangkan hama tanaman.

Cangkang telur untuk pencegah hama

Manfaat cangkang telur yang jarang diketahui adalah sebagai bahan pengusir hama dan tikus. Adapun cara membuatnya sebagaimana berikut:

  1. Siapkan cangkang telur yang sudah dicuci bersih
  2. Keringkan hingga cangkang telur tidak menyisakan air
  3. Setelah kering, tumbuk cangkang telur tersebut hingga lembut
  4. selanjutnya bubuk cangkang telur bisa diletakkan pada bagian-bagian tanah yang diinginkan. Atau tempat yang biasa dilalui tikus. Mudah bukan moms?
Cangkang telur untuk pencegah hama
baca juga

Cangkang telur untuk pupuk kompos

Selain sebagai bahan pengusir hama, cangkang telur ini ternyata juga bermanfaat untuk menyuburkan tanaman moms. Kandungan kalsium karbonat, fosfor, protein, zinc dan natrium mangan baik untuk pertumbuhan tanamanmu moms. 

Cara membuat:

  1. Hancurkan cangkang telur hingga menjadi lebih lembut
  2. Masukkan bubuk cangkang telur ke dalam pot-pot kemudian tutupi dengan tanah atau pada bagian tanaman yang diinginkan lainnya lalu ditutup dengan tanah.
  3. Selanjutnya lihatlah perkembangan tanaman yang moms beri pupuk alami ini. Pasti lebih segar dan subur. Selamat mencoba moms!
Cangkang telur untuk pupuk kompos

Cangkang telur untuk mengecilkan pori-pori dan mengurangi keriput

Manfaat lain dari cangkang telur adalah mampu menjadi bahan perawatan kulitmu moms. Cangkang telur yang sudah dihaluskan bisa digunakan sebagai masker untuk mengurangi keriput pada kulit wajah dan mengecilkan pori-pori yang membesar. So, tidak butuh uang banyak untuk menjaga kesehatan kulit wajahmu, moms. Cara membuatnya juga sangat mudah, yaitu seperti berikut ini:

  1. Bersihkan cangkang telur dengan air bersih
  2. Lalu keringkan hingga benar-benar kering
  3. Blender dengan alat blender kering, selanjutnya simpan ditempat yang kering. Moms bisa menggunakannya sewaktu-waktu sebagaimana masker wajah lainnya. selamat mencoba moms!
Cangkang telur untuk mengecilkan pori-pori dan mengurangi keriput