Tentu Moms sudah tahu bahwa nasi padang yang merupakan salah satu makanan terlezat di dunia ini dapat berdampak serius pada kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Namun, para ahli ternyata mengungkapkan bahwa asupan nasi padang tidak akan berbahaya jika dikonsumsi dengan benar.

Tetap Sehat Walau Hobi Makan, Ini Tips Konsumsi Nasi Padang Minim Risiko
source: https://www.masakapahariini.com/

Melansir dari DetikHealth, ahli gizi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Padang, Dr Gusnedi, STP, MPH memaparkan tips agar bisa menjaga kondisi tubuh sehat saat ingin mengonsumsi nasi padang. Ia mengatakan bahwa kita boleh makan masakan minang, tetapi batasi frekuensinya. Tidak hanya itu, Gusnedi juga melarang kebiasaan menghangatkan makanan berulang-ulang. Ini sangat penting, sebab menghangatkan makanan berminyak jika dihangatkan akan berisiko menjadi karsinogenik.

Selain itu, imbangi asupan makanan berlemak tinggi dengan mengonsumsi asupan sayur dan buah dalam jumlah yang juga banyak. Ini penting untuk melengkapi asupan gizi serta membersihkan pencernaan itu sendiri. Asupan air putih juga harus diperhatikan dengan baik. Dengan kata lain, menjaga pola hidup yang sehat juga penting untuk mengurangi risiko dari asupan lemak berlebih dari nasi padang.

Tetap Sehat Walau Hobi Makan, Ini Tips Konsumsi Nasi Padang Minim Risiko
source: https://rasamalaysia.com/

Gusnedi juga menyarankan bagi orang penggemar nasi padang untuk selalu meningkatkan aktivitas fisik seperti berolahraga dengan rutin. Hal ini penting untuk menjaga kandungan kolesterol dalam tubuh tetap stabil. 

baca juga

Pasalnya, melakukan fisik seperti olehraga dapat memproduksi hormon yang membentuk kolesterol baik. Dengan begitu, ini dapat membantu menurunkan risiko pemecahan kolesterol buruknya.

Tetap Sehat Walau Hobi Makan, Ini Tips Konsumsi Nasi Padang Minim Risiko
source: https://www.pinterest.com/

Jadi, jangan takut lagi makan enak. Yang terpenting, jaga pola hidup tetap sehat dan seimbang ya Moms!