Tips berhemat setelah melahirkan

Banyak anggapan memiliki bayi itu pasti mahal, padahal kenyataannya tak seperti itu lho, Moms. Memberi yang terbaik bukan berarti membeli yang Mahal. Moms harus pintar-pintar mengatur keuangan, supaya semua kebutuhan si Kecil terpenuhi, tapi tidak membengkakan budget rumah tangga Moms sendiri.

Pasca Melahirkan, Ini 5 Tips Hemat Mengatur Pengeluaran Bayi
source: https://babygearland.com/baby-essentials/buying-guides/best-baby-swing-reviews/

Dikutip dari Parents melalui Haibunda, berikut 5 tips hemat mengatur pengeluaran yang penting dilakukan setelah melahirkan dan punya bayi:

1. Bijak memilih pengasuh

Bagi Moms yang bekerja, setelah waktu cuti berakhir saatnya kembali pada rutinitas bekerja kembali. Sebagian dari ibu pekerja biasanya akan menggunakan jasa baby sitter atau daycare untuk mengasuh si kecil. Namun untuk hal tersebut, Moms harus merogoh kocek lebih dalam. Pun juga banyak kasus baby sitter yang ternyata bermasalah.

Disampaikan oleh Judy Haselton dari Harmony Financial Advisors, untuk menjaga efisiensi pengeluaran, Moms mungkin bisa mempertimbangkan untuk mencari anggota keluarga yang bisa membantu menjaga anak di rumah. 

Selain budget lebih aman, karena gaji langsung diberikan sepenuhnya pada pengasuh, tak perlu dipotong untuk yayasan penyalur, Moms pun akan lebih tenang meninggalkan si kecil bersamanya karena sudah mengetahui latar belakang pengasuh tersebut.

Pasca Melahirkan, Ini 5 Tips Hemat Mengatur Pengeluaran Bayi

2. Belanja kebutuhan dan perlengkapan bayi secara online

Cara satu ini bisa coba Moms terapkan. Belanja online memang memiliki banyak manfaat. Selain banyak promo yang ditawarkan hingga gratis ongkir. Moms pun bisa memilih barang apa yang sekiranya benar-benar dibutuhkan untuk si kecil. Pun juga masih tetap bisa berbelanja sambil mengasuh si kecil.

Penelitian menunjukkan pergi belanja seringkali mendorong seseorang untuk membeli barang lain yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

baca juga

3. Sewa perlengkapan bayi

Tak bisa dipungkiri, peralatan bayi seperti stroller, high chair, baby walker ataupun yang lainnya hanya dipakai sebentar saja. Kurang lebih sampai anak berusia 2-3 tahun. Karena semakin besar si kecil, biasanya ia lebih senang untuk bebas dan tak ingin lagi menggunakan alat-alat tersebut.

Nah, untuk menyiasatinya Moms bisa menyewa perlengkapan bayi tersebut. Saat ini sudah banyak jasa sewa perlengkapan bayi yang bagus dibandingkan harus membelinya dengan harga yang lumayan mahal. 

"Kesalahan umum yang sering dilakukan orang tua adalah ingin memiliki kamar bayi yang bagus atau stroller paling mahal. Uang pun digunakan untuk barang-barang yang mungkin masa simpannya hanya sampai 6 bulan," ujar Stacey Bradford, penulis buku The Wall Street Journal Financial Guidebook for New Parents. Dengan menyewa, Moms bisa menggunakan peralatan bayi sesuai dengan kebutuhan dan bisa hemat lebih banyak.

Pasca Melahirkan, Ini 5 Tips Hemat Mengatur Pengeluaran Bayi
source: https://teenietinytots.com/products/in-store/furniture-equipment/gently-used-fisher-price-cradle-swing

4. Alokasikan budget untuk tabungan pendidikan

Gabriel Trasatti dari Trasatti Wealth Planning menuturkan bahwa tabungan untuk pendidikan di masa depan adalah suatu keharusan. "Sebagian besar orang tua akan terkejut dengan berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk pendidikan anak nanti," kata Trasatti.

Untuk itu, cobalah untuk lebih bijak membeli perlengkapan bayi seperlunya saja. Dan dana yang Moms miliki, bisa dialokasikan ke tabungan pendidikan si kecil yang nantinya akan berguna bagi masa depannya.

5. Memasak makanan sendiri untuk si kecil

Di umur MPASI, saat anak Moms sudah dapat memakan solid food, usahakan makanan yang ia makan adalah homemade atau buatan sendiri. Selain lebih sehat, tentu akan lebih menghemat budget dibanding membeli makanan katering khusus bayi.

Dilansir What to Expect, Moms bisa hemat lebih banyak biaya jika memutuskan untuk menyiapkan sendiri kebutuhan anak seperti dengan menyusui, memasak sendiri makanan bayi, dan menggunakan popok kain. 

Pasca Melahirkan, Ini 5 Tips Hemat Mengatur Pengeluaran Bayi
source: https://www.verywellfamily.com/how-to-prepare-fruits-and-veggies-for-baby-food-284432

6. Menyusui (memberi ASI)

Seperti kita ketahui bersama, betapa mahalnya harga susu formula. Ya, salah satu alasan itulah yang membuat Moms perlu menyusui si kecil agar bisa lebih hemat dalam mengatur budget setelah melahirkan.

Memang tidak semua orang mungkin bisa melalui cara menyusui, karena satu dan lain hal. Tapi Moms bisa melatihnya saat masa kehamilan, seperti memijat puting susu, rajin makan sayur, makan makanan tinggi asam folat ataupun konsultasi dengan ahli laktasi.

Pun juga zat gizi yang terkandung dalam ASI jauh lebih baik dibandingkan susu apapun. Jadi selama Moms bisa memberikan ASI eksklusif pada si kecil, lakukanlah.

Berikut tadi tips cara menghemat pengeluaran bagi Moms yang baru saja melahirkan. Semoga bermanfaat ya!