Melabrak suami yang sedang berselingkuh dengan pelakor akan menimbulkan suasana yang canggung. Apabila Mommy sudah selesai mengeluarkan segala emosi pada suami dan wanita pelakor itu, apa yang sebaiknya harus dilakukan? Mungkinkah mengajak suami untuk ikut pulang ke rumah bersama? Bagaimana dengan membiarkannya tetap bersama dengan wanita pelakor itu?

Suami Ketahuan Selingkuh? Lakukan 4 Hal Bijak Ini Setelah Melabrak, Moms
source: https://www.all4women.co.za/

Melansir dari Wolipop, seorang psikolog, Ratih Zulhaqqi, MPsi., memaparkan beberapa langkah yang harus diperhatikan para istri setelah melabrak suami yang berselingkuh.

1. Ajak Bicara 4 Mata

Pahami bahwa bagaimana pun ia adalah suamimu yang sah. Masalah perselingkuhan ini harus diselesaikan secara dewasa antara Mommy dengan suami. Dari perbincangan berdua, Mommy akan menemukan bagaimana sebenarnya suamimu. Apakah ia sedang memperjuangkan hatimu atau malah sebaliknya. Mommy dapat menilai sendiri bagaimana respon dari suami.

2. Buat Kesepakatan dengan Suami

Jika suami bersikeras untuk mempertahankan rumah tangga dan meminta maaf, mintalah waktu untuk Mommy menenangkan diri. Setelah emosi sudah terasa lebih mereda, buat kesepakatan baru tentang komitmen dan kesetiaan satu sama lain dengan suami. Kalian juga dapat membuat kesepakatan baru seperti apa yang akan terjadi jika ada yang melanggar lagi perjanjian ini.

Suami Ketahuan Selingkuh? Lakukan 4 Hal Bijak Ini Setelah Melabrak, Moms
source: https://www.bumppy.com/

3. Bangun Kepercayaan Kembali

Jika Mommy setuju untuk mempertahankan hubungan pernikahan meskipun setelah mengetahui suami selingkuh, sangat penting dalam membangun kembali kepercayaan satu sama lain. Hindari kebiasaan untuk terlalu kepo hanya karena masa lalu suami yang pernah tergoda wanita lain. Sebaliknya, pererat komunikasi dan perbanyak waktu quality time berdua.

baca juga

4. Mendekatkan Diri pada Tuhan

Pahami juga bahwa pernikahan yang baik adalah pernikahan yang kedua pasangannya sama-sama mendekatkan diri pada Tuhan. Saat kedua pasangan sama-sama memiliki hubungan yang baik dengan Tuhan, keduanya juga akan lebih sadar tentang tanggung jawab atas satu sama lain dalam komitmen pernikahan ini.

Suami Ketahuan Selingkuh? Lakukan 4 Hal Bijak Ini Setelah Melabrak, Moms
source: https://www.verywellmind.com/

Itulah beberapa hal yang dapat Mommy lakukan setelah melabarak suami berselingkuh dengan pelakor. Apapun itu, pastikan Mommy selalu menghadapi masalah dalam rumah tangga dengan dewasa. Hindari membahas masalah saat kepala masih panas dan emosi masih meluap-luap karena itu akan memperburuk situasi.