Makanan Tinggi Serat

Moms, makanan berserat memang baik, namun sayangnya untuk penderita tipes makanan tinggi serat proses pencernaannya terlalu lama. Sehingga akan membuat proses penyerapan nutrisi jadi lebih lambat dan menyebabkan produksi gas meningkat, sehingga perut terasa tidak nyaman.

Contoh makanan berserat seperti roti gandum, oatmeal, kangkung, brokoli,pare, dan alpukat. Dan untuk moms yang sangat suka sayur bisa memilih sayur rendah serat seperti kacang panjang, labu siam, wortel dan juga buncis muda.

6 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Agar Terhindari dari Penyakit Tipes

Sayuran yang Menghasilkan Banyak Gas

Karena tipes menyerang pencernaan, maka dari itu penting untuk selalu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Salah satunya dengan menghindari makanan dengan gas tinggi seperti kol, kubis, dan paprika. Sebab makanan-makanan tadi dapat memicu gas dalam perut dan akan memicu gangguan pada pencernaan.

Makanan dengan Rasa yang Kuat

Sebagaimana sama dengan penyakit lain, tipes juga dapat memengaruhi nafsu makan penderitanya. Maka dari itu saat tipes lebih baik untuk menghindari makanan dengan rasa yang terlalu kuat, seperti bawang merah atau bawang putih maupun duren. Sebab alih-alih menggugah selera makan, makanan dengan aroma dan rasa yang terlalu menyengat dapat mengganggu nafsu makan seseorang serta bisa memperarah sakitnya.

Makanan Pedas

Makan pedas memang nikmat ya moms tapi bagi penderita tipes konsumsi makanan pedas sangat tidak disarankan. Karena makanan pedas seperti cabai, merica, ataupun wasabi dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan dan memperparah gejala tipes lho.

6 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Agar Terhindari dari Penyakit Tipes

Makanan Tinggi Karbohidrat

Saat sakit kondisi tubuh orang akan cenderung lemas karena kurang asupan nutrisi. Dan biasanya untuk memulihkan tenaga orang yang sakit akan dianjurkan mengkonsumsi karbohidrat. Namun kasus semacam ini tidak boleh terjadi pada penderita tipes. Karena bagi orang yang terkena tipes bila mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat bisa memperparah gejala tipesnya.

Selayaknya serat, sebanarnya karbohidrat juga jenis zat yang lama untuk dicerna tubuh. Maka dari itu bila terlalu banyak karbohidrat hanya akan memperburuk kondisi pencernaan. Dan untuk solusinya moms dapat memilih karbohidrat yang sudah ditumbuk, dihaluskan, atau dibuat bubur. Dengan begitu, moms bisa mendapatkan asupan karbohidrat tanpa harus membebani pencernaan.

Makanan Berlemak

Makanan berlemak atau jenis-jenis gorengan, bersantan dan bermargarin adalah contoh makanan yang wajib untuk dihindari penderita tipes. Kenapa? Karena jenis-jenis makanan tadi akan memberatkan pencernaan sebab membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna. Bahkan bila terus dikonsumsi makanan tadi dapat memicu komplikasi tipes.

Itulah moms beberapa jenis makanan yang sangat penting untuk dihindari saat tipes. Namun selain menjaga pola makan, penderita tipes juga tetap harus aware dengan pola hidup sehat, agar tipesnya tidak mudah kambuh. Dan akhir kata semoga info ini bermanfaat dan selamat mencoba.