Kenapa Anak Harus Disapih?
Menyapih anak memasuki usia 2 tahun memang sangat dianjurkan. Tapi tahukah moms kenapa begitu? Alasan paling umum adalah karena ASI yang dihasilkan sudah tidak cukup memberikan rasa kenyang pada bayi. Selain itu, nutrisi pada ASI sudah tidak menyukupi kebutuhan harian anak. Jika anak masih menyusu di usia 2 tahun maka meningkatkan risiko kerusakan gigi menurut jurnal Annals of Epidemiology tahun 2014.

Anti Drama, Ini 6 Tips Sukses Menyapih Anak

Tips Menyapih Anak

Hal pertama yang perlu moms lakukan sebelum menyapih anak adalah beritahu anak sebelum disapih. Memberi tahu anak akan disapih bisa membuatnya sedikit memahami saat proses menyapih mulai dilakukan. Sebab menurut Psikolog Anak Maryana, M. Psi, Psi dari Rumah Sakit Awal Bros Batam , menyapih si kecil harus dimulai secara perlahan dengan cara-cara yang baik, maka penting untuk memahamkan anak.

Kedua, minta dukungan suami dan orang terdekat. Dengan mendapat dukungan maka moms akan mampu lebih tangguh saat mulai lelah atau goyah untuk menyapih buah hati.

Cara ketiga, siapkan fisik dan mental. Saat anak mulai disapih moms akan mengalami kondisi yang melelahkan karena harus selalu tenang dalam menghadapi anak yang akan teru-terusan rewel untuk meminta ASI, maka dari itu penting untuk menyiapkan kondisi badan dan mental.

Anti Drama, Ini 6 Tips Sukses Menyapih Anak

Untuk cara selanjutnya adalah, selalu luangkan waktu bersama anak. Ketika menyapih, anak akan merasa zona nyamanya untuk dekat dengan moms menghilang. Nah, untuk menanganinya moms harus lebih banyak meluangkan waktu dengan buah hati.

Kurangi frekuensi pemberian ASI, saat mulai mendekati masa menyapih ya moms. karena dengan begitu ketergantuan anak pada ASI akan sedikit berkurang. Namun baiknya moms tidak boleh langsung menguranginya, cobalah secara perlahan-lahan dengan mempertahankan jadwal pemberian ASI yang utama.

Dan cara terampuh untuk menyapih anak adalah dengan penuhi asupan nutrisi harian si kecil dengan susu formula atau MPASI. Dengan mulai memberhentikan ASI anak berarti moms juga harus menyiapkan nutrisi tambah pada buah hati. Memberi susu formula dan menyiapkan MPASI adalah pilihan yang tepat ya moms.

Namun, moms juga perlu waspada, saat memberikan susu formula karena tidak semua anak cocok dengan berbagai produk susu formula. Jadi lebih baik amati reaksi alergi saat anak mengonsumsi susu formula. Jika terjadi alergi, segera hentikan pemberian susu formula.

Itulah moms beberapa tips alami yang dapat membantu moms untuk menyapih anak dengan cara aman dan lebih nyaman. Semoga info ini bermanfaat dan selamat mencoba ya moms.