PUPPP merupakan salah satu dari penyebab gatal saat hamil. Moms harus tetap konsultasi dengan dokter spesialis kulit apabila mengalami gatal dan ruam saat hamil. Jika gatal disebabkan oleh PUPPP, maka kondisi tersebut tidak berbahaya bagi ibu dan janin.

Berbahayakah Gatal-gatal Saat Hamil? Yuk Ketahui Cara Mengatasinya!
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcRP7i0Bo6x5BIt0XmeU4ZK3AUMWzOYceySAdNr1U9KLREpc9urh

Dilansir dari Detik, dr Eddy Karta, SpKK dari EDMO Clinic Jakarta Selatan mengatakan kondisi ini tidak berbahaya, hanya saja menurunkan kepercayaan diri ibu hamil karena ruam merah yang timbul dan menjalar. Jika kondisinya parah, bisa sampai menyebar ke tangan dan kaki.

“PUPPP mengakibatkan gangguan kosmetik dan kenyamanan bagi ibu tanpa ada masalah kesehatan serius. Studi menunjukkan tidak ada masalah pertumbuhan dan perkembangan serta kelahiran janin dari ibu penderita PUPPP," ujar dr. Eddy.

Berbahayakah Gatal-gatal Saat Hamil? Yuk Ketahui Cara Mengatasinya!
source: https://www.smartparents.sg/sites/default/files/image_resources/image-7007178-ebae4358d9054e69164e13b82ee3c561-pregnancy-rash-on-your-bump-you-could-have-puppp.jpg
baca juga

Meski begitu, dr. Eddy menegaskan untuk mengetahui lebih lanjut penyebab dari gatal dan ruam tersebut.

”Penyebab lain gatal-gatal pada ibu hamil dapat juga berupa eksim, infeksi jamur, gangguan empedu, sampai penyakit autoimun herpes gestasional. Penyakit gatal juga bisa menjadi gejala penyakit serius misalnya gangguan empedu dan liver, yang bisa berakibat kelahiran prematur, tutur dr.Eddy melengkapi.

Berbahayakah Gatal-gatal Saat Hamil? Yuk Ketahui Cara Mengatasinya!
source: https://www.todaysparent.com/wp-content/uploads/2018/10/Obstetric-Cholestasis-1280x960-1024x576-1540325242.jpg

Cara Meminimalisir Gatal Akibat PUPPP

Menurut dr. Eddy, ada beberapa cara untuk mengurangi rasa gatal akibat PUPPP, diantaranya yaitu kompres dingin di bagian kulit yang gatal, hindari sabun yang menyebabkan kulit kering, hindari memakai pakaian ketat, menggunakan bedak atau lotion yang mengandung salicyl, menthol, atau, calamine, mengurangi mandi menggunakan air hangat, dan hindari menggaruk karena dapat menyebabkan peradangan. 

"Bedak dan lotion ini aman untuk ibu hamil. Untuk keadaan yang berat sebaiknya berobat supaya tidak mengganggu aktivitas sehari hari," pesan dr. Eddy.

Berbahayakah Gatal-gatal Saat Hamil? Yuk Ketahui Cara Mengatasinya!
source: https://amp.flo.health/uploads/media/sulu-1230x-inset/03/1003-Pregnant%20woman%20applying%20cream%20at%20her%20belly.jpg?v=1-0&inline=1

Demikian beberapa informasi mengenai gatal akibat PUPPP saat hamil. Semoga bermanfaat.