1. Mengobati darah tinggi

Dilansir dari HealthDetik, daun kumis kucing berkhasiat dalam mengobati darah tinggi. Hal ini disebabkan adanya kandungan Methylripariochromene A (MRC) yang dapat memperbesar pembuluh darah dan merelaksasi otot. Sehingga dapat mengobati tekanan darah tinggi. Selain itu, kandungan kalium pada daun kumis kucing juga dapat menetralisir efek sodium dalam darah.
1. Mengobati darah tinggi
source: http://www.istockphoto.com

2. Mengurangi peradangan pada sendi

Salah satu penyakit umum yang menyerang persendian adalah rematik. Gejala rematik adalah timbulnya peradangan pada sendi tertentu, seperti sendi lutut. Daun kumis kucing dapat mengurangi peradangan tersebut, sebab salah satu kandungan didalamnya bersifat anti inflamasi. Selain dapat mengurangi peradangan, kandungan daun kumis kucing juga dapat meredakan nyeri akibat peradangan.
2. Mengurangi peradangan pada sendi
source: http://www.mommyasia.id
baca juga

3. Cegah infeksi saluran kemih

Salah satu khasiat daun kumis kucing yang terkenal adalah dapat mencegah infeksi saluran kamih. Hal ini lantaran kumis kucing mengandung antibakteri dan antimikroba di dalamnya. Kedua kandungan ini ampuh dalam memerangi bakteri dan jamur yang menempel pada dinding saluran kemih. Di mana bila tidak segera diobat, bakteri dan jamur ini dapat menyebabkan infeksi saluran kemih. Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa daun kumis kucing dapat mengobati infeksi pada ginjal.
3. Cegah infeksi saluran kemih
source: http://www.shutterstock.com

4. Mengatasi keputihan

Keputihan sering terjadi pada wanita. Hal ini disebabkan oleh bakteri vaginosis. Bakteri ini dapat menyebabkan bau yang kuat pada kelamin wanita. Daun kumis kucing dapat mengatasi keputihan yang disebabkan oleh jamur dan bakteri. Sebab, kandungan dalam daun kumis kucing yang berupa antimikroba dan antibakteri dapat melawan pertumbuhan bakteri yang tidak normal pada vagina.
4. Mengatasi keputihan
source: http://www.shutterstock.com
baca juga

5. Melegakan tenggorokan

Daun kumis kucing juga berkhasiat sebagai obat batuk alami. Kandungan di dalamnya dapat meringankan gejala batuk dan flu. Hal ini disebabkan kandungan antibakteri pada daun kumis kucing dapat membunuh bakteri. Bahkan daun kumis kucing dapat melegakan tenggorokan. Dikarenakan kandungan yang bersifat analgesik pada daun kumis kucing dapat berperan untuk meredakan nyeri pada tenggorokan.

5. Melegakan tenggorokan
source: http://www.shutterstock.com

6. Detoksifikasi tubuh

Manfaat daun kumis kucing lainnya adalah dapat mendetoksifikasi tubuh dengan cara mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh. Daun kumis kucing memiliki sifat diuretik, yang dapat mengeluarkan kelebihan garam dan air melalui urine. Sehingga dapat mencegah penyakit ginjal pada tubuh.
6. Detoksifikasi tubuh
source: http://www.istockphoto.com

7. Meningkatkan kekebalan tubuh

Daun kumis kucing juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan daun kumis kucing memiliki kandungan flavonoid yang bersifat antioksidan. Antioksidan berfungsi untuk melawan radikal-radikal bebas yang dapat menyerang dan merusak tubuh. Antioksidan ini berperan penting dalam membangun sistem imun menjadi lebih baik.
7. Meningkatkan kekebalan tubuh
source: http://www.freepik

Cara mengonsumsi daun kumis kucing

Tidak perlu repot bila ingin mengonsumsi daun kumis kucing. Cara penyajiannya cukup sederhana. Seduh beberapa daun kumis kucing yang kering dengan air panas. Tunggu sekitar 3-5 menit. Setelah itu, tambahkan gula atau madu sesuai selera. Daun kumis kucing juga bisa diseduh dengan jahe, serai dan rempah lainnya untuk menambah rasa dan khasiat.

Saat ini, cukup banyak yang menjual daun kumis kucing dalam bentuk kemasan dan bubuk. Beberapa juga menjual daun kumis kucing dalam bentuk suplemen.
Cara mengonsumsi daun kumis kucing
source: http://www.shutterstock.com
Nah, itu dia beberapa manfaat dari daun kumis kucing. Cukup banyak bukan manfaatnya? Cara penyajian daun kumis kucing juga cukup mudah. Tertarik mengonsumsinya, Moms?