Mengenal kopi cold brew

Bila kopi biasa menggunakan air panas untuk diseduh, berbeda dengan kopi cold brew. Kopi cold brew menggunakan air dingin untuk menyeduhnya. Biasanya air yang digunakan adalah air dengan suhu normal atau air dingin. Cara membuat kopi cold brew secara garis besar ialah menyeduh kopi yang sudah digiling dengan air dingin lalu direndam selama 6 hingga 12 jam di lemari pendingin. Karena kopi cold brew tidak terkena panas dan tekanan, maka rasa kopinya lebih ringan dan tidak terlalu asam.
Mengenal kopi cold brew
source: http://www.shutterstock.com

Metode penyeduhan untuk kopi cold brew bisa beragam, dari french press, V60, Chemex, atau filter dan lainnya. Tiap jenis kopi dan air dapat menghasilkan rasa yang berbeda-beda. Beda metode, beda alat, beda lama perendaman juga mempengaruhi rasa. Bila ingin kopi cold brew yang berbeda, kenapa tidak coba dengan mengganti air dingin dengan air kelapa?

Air kelapa

Air kelapa memiliki banyak manfaat di dalamnya. Terkenal sebagai pengganti cairan tubuh, air kelapa mengandung elektrolit yang bagus untuk kesehatan. Tidak hanya itu, air kelapa juga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk tubuh. Rasa manis alami pada air kelapa dapat melegakan tenggorokan dan menyegarkan tubuh.
Air kelapa
source: http://www.shutterstock.com
baca juga
Saat ini cukup banyak kopi kekinian yang dijual dan dikemas dengan menarik. Salah satunya adalah kopi rasa kelapa atau coconut ice coffee. Eits, Moms juga bisa membuatnya di rumah. Dilansir dari FoodDetik, resep cold brew dengan air kelapa ini cukup mudah, kok. Yuk, simak di bawah ini!

Bahan:
  • 1 liter air kelapa dingin
  • 11 g kopi yang sudah digiling atau kopi bubuk
  • 5 sdt gula cair atau simple syrup
  • Santan, susu atau madu sesuai selera
Cara membuat:
  1. Jika kopi masih berupa biji, giling terlebih dahulu hingga halus menjadi bubuk
  2. Tuang bubuk kopi ke dalam jug atau botol kaca
  3. Tuangkan air kelapa lalu aduk rata dan tutup rapat jug atau botol kaca
  4. Lalu simpan dalam lemari es selama 6-12 jam
  5. Jika sudah, saring kopi ke dalam gelas
  6. Tambahkan gula, susu, santan atau madu sesuai selera
  7. Aduk rata dan sajikan
Air kelapa
source: http://www.shutterstock.com
Perbandingan kopi dan air kelapa adalah 1:4. Atau bisa dimodifikasi sesuai selera. Resep di atas dapat menyajikan untuk 5 hingga 6 gelas kopi.

Mudah bukan, Moms? Tidak perlu jajan es kopi di luar lagi. Coba yuk, bikin kopi cold brew dengan air kelapa!