Cuaca dingin di tengah musim hujan memang membuat keinginan untuk ngemil jadi semakin besar. Seperti menikmati gorengan hangat sambil bersantai menonton tv atau membaca buku, terdengar sangat menyenangkan. Salah satu jenis gorengan nikmat dan gurih yang bisa dinikmati adalah bakwan. Daripada jajan di luar, yuk coba bikin sendiri di rumah berbagai ide kreasi bakwan yang pasti enak dan mudah dibuat ini!

Bakwan Sayuran

Bakwan sayuran merupakan jenis bakwan paling klasik tapi masih tetap menjadi favorit banyak orang. Sayuran utama yang digunakan untuk membuat bakwan ini biasanya berupa kol, wortel, atau tauge. Moms bisa mengombinasikan sayuran utama ini dengan beragam sayur lain. Jangan lupa bumbui adonan bakwan dengan duo bawang, merica bubuk, serta kaldu bubuk untuk mendapatkan rasa yang gurih dan nagih

Bakwan Sayuran
baca juga

Bakwan Jagung

Untuk moms yang menyukai gorengan dengan sentuhan rasa manis, maka bakwan jagung bisa jadi pilihan. Bahan utama yang digunakan dalam pembuatan bakwan ini adalah pipilan jagung yang dipadukan dengan daun bawang serta daun jeruk yang membuatnya memiliki rasa manis renyah dengan aroma yang wangi. Bakwan ini pasti akan jadi favorit, bahkan si kecil juga pasti doyan.

Bakwan Jagung

Bakwan Tempe Pedas

Sentuhan rasa pedas di dalam bakwan tak hanya bisa dilakukan dengan memakan cabe rawit lho moms. Untuk sensasi rasa yang berbeda moms bisa mengiriskan cabe rawit ke dalam adonan bakwan. Agar rasa bakwan semakin unik, moms bisa menambahkan tempe dan mengombinasikannya dengan sayuran khas bakwan seperti kol, wortel, dan daun bawang.  

Bakwan Tempe Pedas
baca juga

Bakwan Bihun Jagung Saus Manado

Bosan dengan bakwan yang umumnya hanya terbuat dari sayuran atau jagung? Jangan sedih moms! Bihun juga bisa diolah jadi bakwan lho. Untuk membuat bakwan bihun ini, moms perlu mencampur bihun dengan sayuran pelengkap yaitu kangkung dan kemangi. Sebagai pelengkap bakwan bihun ini, moms bisa membuat saus Manado. Dikutip dari FoodDetik, bahan untuk membuat saus Manado antara lain berupa bawang putih, daun jeruk, serai, saus cabe, dan jahe.

Bakwan Bihun Jagung Saus Manado

Bakwan Udang Renyah

Jika moms menginginkan sensasi makan bakwan yang lebih nikmat, coba tambahkan udang di dalam adonannya. Caranya cukup tambahkan seekor udang yang telah dikupas pada setiap adonan bakwan sayuran yang terbuat dari campuran tepung terigu, tepung beras, kol, tauge, dan wortel. Rasa legit daging udang berpadu dengan renyah dan gurihnya beragam sayuran dalam bakwan akan membuat acara ngemil bersama keluarga semakin mantap. Siap-siap rebutan ya moms!

Bakwan Udang Renyah