Pisang goreng memang selalu jadi camilan favorit semua orang. Rasanya yang renyah dengan pisang yang lembut, terasa begitu cocok dinikmati di segala suasana. Tapi bagi moms yang baru mencoba membuat pisang goreng, mungkin akan sedikit mengalami kesulitan. Bisa saja pisang yang digoreng malah jadi lembek atau tak matang merata. Nah moms, demi mendapatkan pisang goreng yang terasa krispi serta matang merata, yuk simak tips berikut.

Pilih Pisang dengan Kematangan yang Tepat

Untuk mendapatkan pisang goreng yang renyah dan tidak lembek, pertama-tama moms harus bisa memilih pisang dengan tingkat kematangan yang tepat. Pilih pisang yang masih memiliki kulit dengan warna kehijauan. Pisang yang sudah terlalu matang akan menjadi lembek dan bisa memengaruhi tekstur pisang goreng yang dibuat.

Pilih Pisang dengan Kematangan yang Tepat
baca juga

Buat Adonan Basah dan Kering

Agar pisang goreng memiliki tekstur yang krispi dan renyah, sebaiknya moms membagi adonan tepung menjadi 2, yaitu adonan basah dan kering. Untuk membuat adonan basah, campurkan 1/4 cangkir tepung serba guna, tepung beras, tepung jagung, dan garam bersama dengan air dingin, baking soda, telur, serta vanila. Sedangkan untuk adonan kering moms hanya memerlukan sekitar 1/3 cangkir tepung beras.

Buat Adonan Basah dan Kering

Adonan Basah Dulu Baru Adonan Kering

Dalam membaluri pisang dengan tepung, moms juga memerlukan trik khusus. Caranya yaitu, pisang yang telah dipotong memanjang dicelupkan ke dalam adonan basah terlebih dahulu, baru kemudian dibalurkan secara lembut ke dalam tepung beras kering. Membalurkan adonan basah ke dalam tepung kering bertujuan untuk mengencangkan adonan, sehingga akan tercipta lapisan yang garing atau krispi, bukan lembek.

Adonan Basah Dulu Baru Adonan Kering
baca juga

Goreng Saat Minyak Benar-benar Panas

Untuk mengetes suhu panas minyak, moms bisa mencoba meneteskan adonan basah ke dalam penggorengan. Jika minyak mendesis dan adonan matang dalam beberapa detik maka berarti minyak sudah cukup panas untuk menggoreng. Masukkan pisang yang telah dibaluri adonan dan tepung secara perlahan. Goreng hingga lapisan adonan sedikit mengembang dan berubah warna menjadi cokelat muda keemasan, atau goreng selama sekitar 1 menit pada setiap sisinya. 

Goreng Saat Minyak Benar-benar Panas