Tanda-tanda persalinan akan terjadi beberapa hari lagi

Kondisi yang dialami ibu hamil memanglah berbeda-beda. Dan dokter atau bidan pun tak bisa menentukan dengan pasti, kapan sang jabang bayi akan lahir ke dunia. Namun, mereka bisa memprediksi kapan persalinan akan tiba (due date). Kadang, waktu persalinan akan maju, mundur atau bahkan tepat dengan due date-nya.

Jangan Panik! Kenali Tanda-tanda Akan Melahirkan Dalam Waktu Dekat
source: https://www.babyinfo.com.au/labour-and-childbirth/stages-of-labour

Sebagian Moms ada yang sudah merasakan kontraksi di minggu ke 36, padahal yang Moms rasakan hanyalah kontraksi palsu. Nah, untuk mengetahui lebih tepat tanda-tanda persalinan yang sebentar lagi akan berlangsung, simak tanda-tandanya seperti dilansir dari Haibunda berikut ini:

1. Keputihan. Keputihan yang semakin meningkat, dan berwarna merah kecoklatan. Kondisi ini disebut dengan “bloody show” atau pelepasan lendir penyumbat leher rahim selama kehamilan.

2. Adanya sensasi bayi turun memasuki panggul. Moms mungkin akan lebih mudah bernafas karena posisi janin tidak lagi menekan diafrgama. Namun hal ini bisa membuat Moms lebih sering bolak-balik kamar mandi karena posisi janin menekan kandung kemih.

Jangan Panik! Kenali Tanda-tanda Akan Melahirkan Dalam Waktu Dekat
source: https://www.pinterest.at/pin/574279389969787811/

3. Adanya kontraksi palsu (braxton hicks) yang terasa kencang. "Kontraksi Braxton Hicks jarang menjadi kuat atau teratur, dan kemudian biasanya hilang," kata Patricia Devine, MD, asisten profesor klinis Ob-Gyn di New York-Presbyterian / Columbia Medical Center, di New York City.

4. Penurunan berat badan. Tak perlu kaget dan khawatir jika Moms mengalami penurunan berat badan ketika kehamilan semakin dekat dengan waktu persalinan. Jangan kaget bila Bunda tiba-tiba mengalami penurunan berat badan pada akhir trimester. Hal itu normal dan tidak akan mempengaruhi berat badan janin. Meskipun Moms mengalami penurunan berat badan akibat pengurangan cairan ketuban, tetapi janin Moms tetap memiliki berat badan yang sehat.

baca juga

5. Kram dan nyeri. Ketika persalinan semakin dekat, Moms mungkin akan lebih sering merasakan kram dan rasa sakit di punggung bagian bawah serta pangkal paha. Moms tak perlu terlalu khawatir, karena hal tersebut terjadi akibat otot dan persendian yang meregang serta bergeser untuk persiapan melahirkan.

6. Gangguan pencernaan. Usus akan bergerak lebih sering karena hormon yang diproduksi tubuh untuk memidahkan persalinan. Sehingga Moms lebih sering muntah atau diare. Meski terasa tak nyaman, tapi hal ini sangatlah normal. Perbanyak minum air putih agar tubuh Moms tetap terhidrasi.

Jangan Panik! Kenali Tanda-tanda Akan Melahirkan Dalam Waktu Dekat
source: http://www.geburtszeit.com/erbrechen-von-blut-waehrend-der-schwangerschaft-ursachen-symptome-und-behandlungen-die-sie-kennen-sollten/

7. Sangat lelah. Moms mungkin akan menjadi sangat lelah dan akan menjadi sering tidur siang, hal ini karena perut yang semakin membesar dan sistem pencernaan yang berantakan sehingga membuat jadwal tidur malam Moms terganggu.

8. Pelunakan, pelebaran atau penipisan leher rahim. Ketika tubuh mempersiapkan diri untuk proses persalinan, leher rahim akan semakin lebar dan menipis. Selama pemeriksaan, dokter atau bidan biasanya akan melakukan pemeriksaan dalam guna melihat apakah leher rahim Moms sudah mulai melebar. Proses pelebaran atau “bukaan” leher rahim ini diukur dalam skala sentimeter (cm), atau dengan memasukkan jari.

Keadaan darurat saat Moms harus pergi ke Rumah Sakit 

Mengutip dari What to Expect, selain tanda melahirkan, ada beberapa hal yang perlu Moms ingat untuk segera menghubungi petugas medis jika mengalami beberapa hal ini:

  1. Keputihan yang keluar bukanlah berwarna coklat, melainkan darah segar berwarna merah terang seperti pada saat menstruasi. 
  2. Air ketuban pecah, terutama jika ketuban yang pecah menyembur dan membuat pakaian dalam Moms basah. Serta air ketuban tampak berwarna hijau atau coklat. Warna ini bisa menjadi tanda adanya mekonium, yakni tinja pertama bayi yang baru lahir. Sangat berbahaya jika bayi sampai menelannya.
  3. Mengalami perubahan penglihatan, sakit kepala, pembengkakan mendadak atau parah. Ini bisa berupa gejala preeklampsia atau hipertensi saat kehamilan.
Jangan Panik! Kenali Tanda-tanda Akan Melahirkan Dalam Waktu Dekat
source: https://www.practicalparenting.com.au/third-trimester-nausea-morning-sickness-in-third-trimester

Berikut tadi beberapa tanda waktu persalinan semakin dekat, yang mungkin akan terjadi 1-2 hari lagi. Tetap tenang dan jangan panik ya Moms. Serta jangan lupa untuk terus berdoa agar persalinan Moms berjalan lancar.