Meredakan batuk pilek pada bayi dengan cara alami

Batuk pilek pada bayi disebabkan infeksi virus pernapasan yang umumnya tidak berbahaya, tapi bukan berarti batuk pilek bisa disepelekan ya, Moms. Karena ada lebih dari 200 tipe virus yang bisa menyebabkan batuk pilek. Tapi sebagian besar pilek yang menyerang bayi justru akan membantu meningkatkan kekebalan mereka.

Dikutip dari Healthline melalui Haibunda, setiap bayi dilahirkan dengan imunitas atau kekebalan terhadap berbagai penyakit. Meski begitu, bayi butuh waktu untuk mematangkan sistem imunitas dalam tubuhnya. 

Jangan Buru-buru Kasih Obat! Ini 5 Cara Alami Meredakan Batuk Pilek Pada Bayi
source: https://www.madeformums.com/baby/babies-and-the-common-cold/

Dan faktanya, bayi bisa terserang batuk pilek di usia berapa pun. Sebagian besar bayi mengalami batuk pilek setidaknya tujuh kali sebelum usianya genap satu tahun.

"Pilek pada bayi baru lahir tidak berbahaya, tapi bisa dengan cepat meningkat jadi kondisi seperti pneumonia. Pada dasarnya, saat bayi di bawah 2 atau 3 bulan sakit apapun, harus dibawa ke dokter, terutama jika bayi demam," demikian penjelasan yang dikutip dari ulasan berjudul What You Should Know About Colds in Newborn Babies di Healthline.

Jangan memberikan bayi sembarang obat

Sistem imunitas bayi sedang berkembang dan sebenarnya ketika terserang batuk pilek, bayi sedang belajar melindungi dirinya sendiri, tapi perlu bantuan terbaik dari orang dewasa, dalam hal ini orang tua.

Dan pemberian obat batuk pilek berbahan kimia yang dijual bebas tidak dianjurkan untuk bayi. Obat itu tidak akan berfungsi dan malah bisa menimbulkan efek samping yang serius. 

Jangan Buru-buru Kasih Obat! Ini 5 Cara Alami Meredakan Batuk Pilek Pada Bayi
source: https://www.babycenter.com/0_acetaminophen-tylenol-dosage-chart_11886.bc

Dokter pun biasanya akan merekomendasikan perawatan rumahan untuk mengatasi batuk pilek pada bayi tersebut, sperti pemberian obat tetes hidung untuk meredakan hidung tersumbat. Butuh sekitar 2 minggu untuk dapat merrdakan batuk pilek pada bayi. Dan berikut cara alami yang bisa Moms lakukan untuk meredakan batuk pilek pada bayi:

baca juga

1. Menghidrasi bayi

Batuk pilek akan membuat bayi kehilangan cairan vital elektrolit. Untuk itu, teruslah memberikan ASI pada bayi. Walaupun mungkin si kecil akan menjadi rewel ketika menyusu, karena hidungnya yang tersumbat, tapi jangan menyerah untuk terus menyusui bayi ya, Moms. Karena ASI adalah sebaik-baiknya obat dari segala macam penyakit yang menyerang pada bayi.

Jangan Buru-buru Kasih Obat! Ini 5 Cara Alami Meredakan Batuk Pilek Pada Bayi
source: https://www.medicalnewstoday.com/articles/327174.php

2. Meneteskan cairan pembersih hidung untuk mengeluarkan lendir

Selanjutnya, Moms bisa memberikannya obat tetes hidung atau cairan saline. Cairan ini terbuat dari larutan air garam steril dan berfungsi untuk mengeluarkan lendir di hidung dan tenggorokan bayi. Moms bisa mendapatkan larutan ini di apotek.

Cara menggunakannya cukup mudah, pertama Moms perlu memposisikan kepala si kecil sedikit mendongak ke atas, kemudian teteskan larutan saline (2-3 tetes) ke rongga hidungnya dengan bantuan pipet. Diamkan selama sekitar 30 detik, lalu bersihkan hidung si kecil. Pastikan Moms telah membaca label kemasan untuk mengetahui dosis penggunaannya ya.

3. Memberikan uap hangat

Uap hangat berfungsi mengencerkan dahak dan membantu si kecil bernapas lega. Moms bisa membuat uap hangat sendiri di rumah.

Caranya, Rebus air sampai hangat (sekitar 37,2-38 derajat Celcius). Lalu campur dengan minyak kayu putih dan letakkan dalam baskom di dekat si kecil. Biarkan ia menghirup uap hangat tersebut. Dalam menggunakannya, Moms harus tetap menjaga agar baskom tidak terlalu dekat si kecil, agar air hangat tidak mengenai si kecil.

Jangan Buru-buru Kasih Obat! Ini 5 Cara Alami Meredakan Batuk Pilek Pada Bayi
source: http://fpcluverne.com/humidifiers-for-baby/

4. Menjaga kelembapan udara sekitar

Untuk tetap menjaga kelembapan udara di sekitar si kecil, Moms bisa menggunakan humidifier. Cara ini aman dan efektif bisa mencegah hidung bayi tersumbat dan melancarkan napas bayi.

baca juga

5. Istirahat cukup

Beristirahat cukup penting bagi bayi yang sedang terkena batuk pilek. Karena biasanya jam tidurnya terganggu karena tidak nyaman. Hindari juga membawa bayi ke tempat-tempat umum ya, Moms. Karena kondisi bayi yang sedang tidak fit sangat rentan terkena virus atau bakteri dari luar.

Jangan Buru-buru Kasih Obat! Ini 5 Cara Alami Meredakan Batuk Pilek Pada Bayi
source: https://www.health.harvard.edu/blog/getting-your-baby-to-sleep-through-the-night-the-good-and-maybe-not-so-good-news-2018111915411

Berikut cara mengatasi batuk pilek pada bayi tanpa harus memberikannya obat-obatan kimia. Semoga si kecil lekas sembuh ya, Moms!