Sejatinya seorang ibu dapat menyusui anaknya secara normal, melalui puting susu. Namun, ada kalanya ASI tidak dapat keluar atau justru terlalu banyak hingga merembes. Di sinilah kegunaan pompa ASI. Pompa ASI dapat berfungsi untuk memompa ASI dari payudara dan menyimpannya dalam botol. Saat ini cukup banyak variasi pompa ASI, dari manual hingga elektrik.

Penggunaan Pompa ASI Elektrik

Umumnya, pemilihan pompa ASI didasarkan oleh gaya hidup dan prefensi pribadi seperti yang dikemukakan pakar laktasi Sally Page-Goertz. Dilansir dari HaiBunda, penggunaan pompa ASI elektrik biasanya digunakan pada ibu-ibu dengan kondisi berikut:
  • ibu melahirkan bayi prematur
  • ibu yang melahirkan bayi kembar
  • ibu dengan produksi asi berlebih
  • working mom atau waktu menyusui yang singkat
Penggunaan Pompa ASI Elektrik
source: http://www.shutterstock.com
Kondisi tersebut memiliki kecenderungan waktu yang sedikit untuk menyusui dan produksi ASI yang sedikit, kecuali Moms dengan ASI yang berlebih. Sehingga pompa ASI dapat membantu mereka dalam menyetok ASI bagi si kecil.
baca juga

Manfaat Pompa ASI Elektrik

Pompa ASI Elektrik memiliki banyak manfaat yang bagus untuk ibu menyusui. Walau terkadang harganya mahal, namun fitur-fitur dalam pompa ASI elektrik dapat memudahkan dalam memberikan ASI kepada si kecil. Manfaat pompa ASI  elektrik, di antaranya:
  • Menghemat waktu. Dengan waktu yang relatif singkat, pompa ASI dapat memerah ASI lebih banyak dalam waktu yang singkat daripada pompa biasa
  • Memudahkan. Teknologi yang terdapat dalam pompa ASI dapat memudahkan Moms dalam memerah ASI, sehingga tidak perlu kerepotan
  • Model payudara ganda. Pompa ASI elektrik memiliki model memerah asi dari kedua payudara. Sehingga produksi ASI lebih banyak dan dapat menghemat waktu
  • Higienis. Pompa ASI elektrik cenderung lebih mudah dibersihkan. Biasanya pompa ASI dijual lengkap dengan peralatan pembersihnya.
Manfaat Pompa ASI Elektrik
source: http://www.shutterstock.com

Efek Samping Pompa ASI Elektrik

Walaupun banyak manfaatnya, pompa ASI elektrik juga memiliki efek samping. Tidak semua Moms cocok dengan pompa ASI elektrik. Oleh sebab itu, pemilihan pompa ASI juga termasuk penting. Efek samping pompa ASI elektrik yang umum ditemui adalah:
  • Bingung puting. Bila si kecil sudah terbiasa dengan dot atau botol ASI, ketika menyusui langsung dengan ibu, si kecil bisa mengalami bingung puting atau tidak tahu bagaimana cara menyusui.
  • Puting lecet. Moms dapat mengalami puting yang lecet akibat pemakaian pompa ASI elektrik. Hal ini biasa disebabkan oleh ukuran flens yang tidak sesuai atau kecepatan pompa yang tinggi
  • Terkontaminasi. Apabila pompa ASI elektrik tidak dibersihkan dengan baik dan benar, ada kemungkinan ASI yang dipompa terkontaminasi. Hal ini dapat berakibat gangguan kesehatan pada bayi
  • Mengabiskan waktu. Merawat dan membersihkan pompa ASI elektrik terkadang melelahkan dan dapat menghabiskan waktu.
Efek Samping Pompa ASI Elektrik
source: http://www.shutterstock.com
baca juga

Panduan Memilih Pompa ASI Elektrik

Jika setelah membaca manfaat dan efek samping pompa ASI elektrik dan Moms dirasa cocok untuk menggunakan pompa ASI ini, ada baiknya untuk menyimak panduan memilih pompa ASI elektrik di bawah. Sebab, tidak semua pompa ASI elektrik itu kualitasnya bagus.
  1. Pilih pompa ganda. Pilih model pompa ASI elektrik ganda, karena selain dapat memerah ASI di kedua payudara, dengan model ganda dapat menghemat waktu untuk memompa ASI.
  2. Mudah digunakan dan dibersihkan. Sebagai saran, pilih model vakum, karena dapat memudahkan Moms untuk memompa ASI. Pastikan pula pompa ASI elektrik mudah dibersihkan
  3. Kecepatan pompa. Cari pompa ASI elektrik dengan kecepatan pompa yang cukup tinggi, sehingga dapat memompa ASI dalam waktu singkat.
  4. Mudah dibawa. Bila Moms adalah ibu yang bekerja, maka carilah pompa ASI elektrik yang praktis dan mudah dibawa.
Panduan Memilih Pompa ASI Elektrik
source: http://www.shutterstock.com

Nah, itu dia serba-serbi pompa ASI elektrik. Setelah mengetahui manfaat dan efek sampingnya, Moms bisa menimbang-nimbang kembali ya, apakah cocok menggunakan pompa ASI elektrik atau tidak. Yang terpenting adalah kebutuhan ASI si kecil dapat terpenuhi. Tetap semangat ya, Moms!