Nasi Ampok

Siapa yang belum kenal nasi ampok? Nasi ampok merupakan olahan dari jagung yang digiling lembut. Kemudian dimasak dan kadang dicampur dengan nasi putih. Biasanya didampingi dengan urap-urap atau orek tempe dan ikan asin moms. Namun ada juga yang tanpa dicampur nasi putih moms, sesuai selera. Lauknya pun beragam, bisa dipadukan dengan sayur rebus dan sambel tomat. Asalkan ikan asinnya selalu ada ya moms. Pastinya akan membuat lidahmu ketagihan moms. Harganya pun sangat ramah dikantong, yakni mulai empat ribu rupiah moms. Murah sekali bukan?

Nasi Ampok

Tahu Bumbu Lawu

Makanan khas selanjutnya yakni tahu bumbu lawu. Tahu bumbu ini sebenarnya sangat sederhana moms, yakni makanan yang berbahan dasar tahu dan disiram dengan saus kacang yang lezat. Adapun di dalam sepiring tahu bumbu ini moms akan menjumpai lontong, tauge, krupuk, sambel, bawang goreng dan tahu setengah matang. Selanjutnya disiram dengan bumbu kacang yang sangat menggugah selera makanmu, moms.

Tahu Bumbu Lawu

Tahu bumbu ini mudah kamu jumpai di jalan lawu kota Blitar moms. Oleh sebab itu, makanan ini disebut tahu bumbu lawu. Rasanya yang khas akan membuatmu ketagihan lho!

baca juga

Rujak Cingur

Rujak cingur ternyata banyak ditemukan di Kota Blitar juga, moms. Rujak yang berbahan lidah sapi dan dipadukan dengan bahan-bahan lainnya. Seperti mentimun, lontong, tahu atau tempe goreng, bengkoang dan dicampur dengan sambal yang lezat. Adapun sambal yang digunakan berbahan cabe rawit, petis, kacang tanah, pisang mentah dan diuleg seketika ketika akan disajikan. Tentunya akan membuat lebih menggoda kan, moms!

Rujak Cingur

Wajik Klentik

Makanan khas Blitar selanjutnya adalah wajik klentik. Makanan ini banyak diminati oleh pendatang dan cocok untuk dijadikan oleh-oleh moms. Adapun bahan dari makanan ini yakni beras ketan dan gula kelapa yang dibungkus menggunakan daun jagung. Sangat unik bukan? Tidak hanya itu, rasanya juga sangat gurih moms. Bagi pecinta manis, makanan ini wajib untuk dicoba ya!

Wajik Klentik
baca juga

Uceng Goreng

Uceng merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki bentuk bulan memanjang. Biasanya mudah ditemukan di sungai pedesaan. Ikan ini ternyata bisa diolah menjadi berbagai macam makanan. Mulai dari bothok uceng, uceng goreng, sayur uceng dan peyek uceng. Menu yang sangat diminati yakni uceng goreng yang dipadukan dengan sambel tomat yang pedas. Menu ini sangat cocok dimakan dengan nasi hangat di siang hari moms. Selain rasanya yang gurih, uceng ini juga bergizi moms. Tentunya sangat baik untuk kesehatanmu moms.

Uceng Goreng

Geti

Makanan selanjutnya yang cocok dijadikan sebagai oleh-oleh yakni geti. Namanya yang cukup unik membuat para pengunjung atau wisatawan sering membelinya untuk oleh-oleh. Geti merupakan olahan dari kacang, gula merah dan wijen yang sedap dan gurih. Makanan ini sering digunakan sebagai suguhan di acara-acara penting. Geti merupakan makanan kering yang bisa awet alias tahan lama. Oleh sebab itu sangat cocok jika digunakan sebagai oleh-oleh keluarga moms.

Geti