Melansir dari WorldofBuzz, ada perbedaan yang cukup signifikan antara flu biasa, influenza dan corona virus baru, yang dijuluki sebagai virus Wuhan. Masa inkubasi untuk virus Wuhan rata-rata sekitar tujuh hari, tetapi gejalanya dapat muncul kapan saja. Berdasarkan kasus yang tercatat, gejala dapat muncul sejak dua hingga tiga hari atau bahkan hingga 12 hari setelah infeksi. Berikut adalah beberapa gejala yang harus Mommy ketahui:

Jangan Panik, Ini Perbedaan Virus Wuhan, Influenza & Flu Biasa
source: https://foreignpolicy.com/

Virus Wuhan

Gejala infeksi virus Wuhan meliputi beragam gejala pernapasan umum seperti demam, batuk kering, sesak napas dan kesulitan bernafas. Namun, terkadang tidak ada demam yang muncul di awal. Pada kasus yang lebih parah, infeksi virus wuhan dapat memburuk menjadi pneumonia dengan sindrom pernafasan akut yang parah, gagal ginjal, atau bahkan bahkan kematian.

Pilek Biasa

Berbeda dengan virus wuhan, pilek biasa terjadi ketika seseorang terkena infeksi virus pada hidung dan tenggorokan. Virus ini merupakan virus yang biasanya tidak berbahaya. Mommy biasanya akan mengalami pilek atau hidung tersumbat, sakit tenggorokan, batuk, sedikit rasa sakit pada tubuh atau sakit kepala ringan, bersin dan demam ringan. Setelah dua atau tiga hari cairan di hidung mungkin menjadi lebih kental dan berwarna kuning atau hijau. Pilek biasanya akan sembuh dalam lima hingga tujuh hari.

Jangan Panik, Ini Perbedaan Virus Wuhan, Influenza & Flu Biasa
source: https://www.ft.com/

Influenza

Influenza biasanya akan menyerang secara tiba-tiba. Berbeda dengan flu biasa, influenza biasanya berbahaya dan dapat menyebabkan kematian. Beberapa gejala termasuk demam tinggi hingga 40° C, menggigil, batuk, kelelahan, sakit tenggorokan, mual, muntah dan diare, kesulitan bernapas, sakit kepala, mata kering dan ruam dapat muncul pada serangan influenza. Jika tidak diobati, kondisinya dapat memburuk menjadi pneumonia.

baca juga

Waspada Virus Wuhan

Orang-orang yang baru saja kembali dari Wuhan atau bagian lain China, atau melakukan kontak dengan orang yang baru saja bepergian ke China, harus mewaspadai infeksi virus Wuhan. Mereka harus memantau kesehatan selama setidaknya 14 hari untuk melihat apakah ada gejala infeksi yang muncul. Jika ya, segera hubungi dokter. 

Jangan Panik, Ini Perbedaan Virus Wuhan, Influenza & Flu Biasa
source: https://www.medicalnewstoday.com/

Pencegahan Virus Wuhan

Untuk melindungi diri dari virus apa pun, pastikan untuk mempraktikkan kebersihan yang baik. Hal paling mendasar adalah selalu mencuci tangan dengan sabun dan air hangat. Selain itu, pastikan untuk menggosok tangan selama 20 detik saat mencuci tangan. Mommy juga dapat menggunakan sanitiser berbasis alkohol jika air tidak tersedia. Jangan lupa pula untuk menutupi mulut dan hidung saat batuk atau bersin dengan tisu. Setelah itu, buang tisu ke tempat sampah.

Para ahli menyarankan untuk menggunakan masker bedah karena lebih dalam mencegah penyebaran virus Wuhan dibandingkan dengan masker N95. Mereka juga menyatakan bahwa masker bedah lebih praktis karena dapat membantu memblokir tetesan partikel besar dan kecil untuk mencapai mulut dan hidung.

Jangan Panik, Ini Perbedaan Virus Wuhan, Influenza & Flu Biasa
source: https://patch.com/

Masker N95 biasanya digunakan untuk situasi kabut asap. Namun, itu biasanya menyulitkan pemakainya untuk bernapas. Jika Mommy merasa dapat bernapas dengan nyaman saat mengenakan masker N95, itu artinya Mommy salah memakainya dan tidak mendapatkan perlindungan yang tepat. Jadi, pastikan untuk mewaspadai paparan virus apapun dengan perlindungan serta menjalan perilaku hidup bersih dan sehat.