Seluruh dunia tengah digegerkan sebuah virus yang cukup mengkhawatirkan. Virus tersebut bernama Corona dan berasal dari daerah Wuhan Cina. Menurut kabar terbaru, virus ini setidaknya telah menjangkit sebanyak 1300 orang, dan menewaskan sekitar 41 orang di Cina. Tak hanya di Cina, virus ini juga dikonfirmasi telah menyebar hingga ke 12 negara termasuk Singapura, Jepang, Thailand, Korea Selatan, Vietnam, Taiwan, Washington dan lain-lain . Lalu apa sebenarnya virus corona ini?

Virus Corona

Virus corona atau Novel coronavirus (2019-nCoV) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan manusia, mirip dengan Sindrom Pernapasan Akut Parah (SARS). Virus ini memiliki kemampuan tinggi dalam menyebabkan penyakit yang fatal. Virus corona akan menjadi sangat berbahaya ketika sudah merusak fungsi paru-paru atau disebut Pneumonia. Pneumonia merupakan infeksi atau peradangan akut di jaringan paru yang disebabkan oleh virus dan mikroorganisme lain seperti bakteri, parasit, jamur, dan lainnya.

Virus Corona
baca juga

Cara Penularan Virus Corona

Virus corona menyebar melalui udara yang terhirup lewat hidung dan mulut sehingga masuk dalam saluran pernapasan. Kemudian melalui saluran napas atas, virus akan masuk ke tenggorokan hingga akhirnya menginfeksi paru-paru. Penularan virus antar manusia terjadi melalui batuk, bersin, kontak langsung atau kontak dengan objek yang telah terinfeksi virus.  

Cara Penularan Virus Corona

Gejala Infeksi Virus Corona

Gejala klinis yang muncul dan bisa dikenali sebagai akibat virus corona yaitu berupa demam, batuk, pilek, gangguan pernapasan, sakit kepala, hidung berair, letih, dan lesu. Dalam kasus yang sudah parah, pasien yang terinfeksi virus corona akan mengalami pneumonia serta demam tinggi.

Gejala Infeksi Virus Corona
baca juga

Pencegahan Virus Corona

Meski saat ini virus corona sudah semakin merebak ke berbagai negara, tapi agar tidak terpapar bisa dilakukan upaya pencegahan berupa sering mencuci tangan menggunakan sabun, memakai masker jika batuk atau pilek, perbanyak konsumsi makanan dengan gizi seimbang, rajin berolahraga, serta istirahat yang cukup agar daya tahan tubuh terjaga. Tidak mengonsumsi daging yang tidak dimasak, berhati-hati saat kontak dengan hewan, serta jika mengalami batuk, pilek, dan sesak napas segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan.

Pencegahan Virus Corona