Penyakit yang mengintai jika kita malas gerak

Ada beberapa faktor yang menyebabkan fenomena malas gerak ini sangat berkembang, selain kemudahan teknologi pada era digital ini. Seperti kurang berenergi, faktor cuaca, kurangnya fasilitas olahraga, pengaruh media sosial dan masih banyak lagi.

Waspada! 6 Penyakit Ini Mengintai Kaum Rebahan yang Malas Gerak
source: https://www.independent.co.uk/life-style/things-unsuccessful-people-do-weekend-a7552191.html

Hal ini tentu tidak baik bagi kesehatan kita Moms. Karena malas gerak dapat mengundang berbagai penyakit berbahaya seperti berikut ini:

1. Diabetes

Diabetes memang penyakit yang menjadi momok bagi masyarakat Indonesia. Pasalnya, diabetes menyumbang angka kematian terbesar di Indonesia. Melansir dari DetikHealth, ada kurang lebih 10,7 juta orang Indonesia yang mengidap diabetes. Faktanya, salah satu penyebab diabetes karena kurang berolahraga, beraktivitas fisik, dan diet tidak sehat. Nah, buat Moms yang gemar sekali rebahan, mulai sekarang coba untuk melakukan aktivitas fisik ya.

Waspada! 6 Penyakit Ini Mengintai Kaum Rebahan yang Malas Gerak
source: https://id.pinterest.com/pin/372109987956929683/

2. Jantung koroner

Sudah bukan rahasia umum lagi jika di Indonesia malas gerak dibarengi dengan kebiasaan merokok dan mengonsumsi makanan yang rendah nutrisi. Gaya hidup yang tidak sehat ini otomatis bisa kian melemahkan kemampuan jantung seseorang, terutama jika dilakukan dalam jangka waktu yang panjang secara terus menerus. Lemahnya fungsi jantung dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jantung, seperti gagal jantung, serangan jantung, dan penyakit jantung lainnya.

baca juga

3. Tekanan darah tinggi atau hipertensi

Penyakit berbahaya dan mematikan  lainnya jika Moms malas bergerak adalah tekanan darah tinggi alias hipertensi. Sama seperti dua penyakit lainnya, diabetes dan jantung, hipertensi pun turut menyumbang angka kematian terbesar di Indonesia. 

Penelitian terbaru menemukan bahwa mereka yang menjalani gaya hidup mager memiliki risiko yang lebih tinggi terkena hipertensi. Apalagi jika kebiasaan ini dikombinasikan dengan kebiasaan mengonsumsi makanan berkadar garam tinggi. Sirkulasi darah di dalam tubuh juga akan menjadi tidak lancar saat Moms jarang menggerakkan tubuh.

Waspada! 6 Penyakit Ini Mengintai Kaum Rebahan yang Malas Gerak
source: https://medium.com/@dpailor/on-being-lazy-decf4fa9a656

4. Obesitas

Tak bisa dipungkiri, kita sering melihat pemandangan seseorang yang tengah tenggelam dalam gadgetnya dengan dikelilingi berbagai macam camilan dan minuman bersoda. Sementara ia asyik memainkan gawainya sambil terus mengunyah makanan. Percayalah, gaya hidup seperti ini sangat tidak sehat dan menaikkan risiko Moms terkena obesitas atau kelebihan berat badan.

Karena makanan dan kalori akan terus masuk ke dalam tubuh, namun tidak bisa dibakar dengan baik karena kita jarang sekali menggerakkan tubuh ataupun beraktivitas. Kalori dan lemak yang tidak terbakar dapat menumpuk dan menambah berat badan Moms hingga tak lagi bisa dikontrol.

5. Osteoporosis

Semakin Moms malas bergerak dan jarang melakukan aktivitas fisik, kekuatat tulang dan otot pun semakin melemah. Mengapa demikian? Karena semakin kita jarang menggunakannya, maka ketahanan serta kekuatan tulang dan otot akan semakin berkurang. Hal ini tentunya berbahaya bagi kesehatan tubuh kita ya, Moms.

Jadi jangan heran jika banyak masyarakat Indonesia di usia produktif yang terkena osteoprosis atau pengapuran tulang dan penyakit encok. Tak hanya itu, malas bergerak juga bisa menyebabkan kita terkena sindrom kelelahan kronis, yang dipicu oleh melemahnya ketahanan otot-otot tubuh. Sindrom ini bisa membuat Moms merasa sangat lelah secara terus menerus, padahal Moms jarang bergerak seharian.

Waspada! 6 Penyakit Ini Mengintai Kaum Rebahan yang Malas Gerak
source: https://www.bustle.com/p/5-unexpected-signs-of-early-onset-osteoporosis-9516430

6. Kanker

Siapa bilang penyakit kanker hanya disebabkan faktor keturunan dan mengonsumsi makanan-makanan yang tidak sehat saja? Faktanya, beberapa studi yang dilakukan dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan bahwa mereka yang jarang beraktivitas memiliki risiko lebih besar dalam terkena beberapa jenis kanker, seperti kanker usus, kanker payudara, dan kanker rahim. Mengerikan sekali ya, Moms?

Berikut tadi beberapa penyakit berbahaya yang mengintai bagi kaum makas gerak. Mulai saat ini, rubah kebiasaan malas gerak dengan aktivitas fisik mulai dari yang sederhana, seperti mengganti kebiasaan berkendara dengan jalan kaki atau naik sepeda, berbelanja sayur di pasar, atau memasak makanan di dapur. Selain lebih sehat, aktivitas fisik juga akan membuat Moms semakin semangat menjalani hari.