1. Membersihkan panggangan

Dilansir dari HaiBunda, hal pertama yang bisa Moms lakukan adalah membersihkan panggangan terlebih dahulu. Panggangan yang tidak bersih dapat membuat ikan menempel dan rasa ikan yang tidak enak akibat sisa-sisa makanan di panggangan sebelumnya. Pastikan panggangan bersih dan tidak ada sisa-sisa makanan atau bumbu pada panggangan.

Moms bisa membersihkan panggangan dengan cara memanaskan panggangan terlebih dahulu, kemudian gosok dengan kawat pencuci piring. Bila Moms menggunakan teflon panggangan, Moms bisa merendam panggangan dengan air panas dan tunggu beberapa saat. Air panas dapat mengangkat sisa-sisa kotoran dalam panggangan. Kemudian dilanjut dengan mencucinya hingga bersih.
1. Membersihkan panggangan
source: https://www.wildwoodgrilling.com/

2. Oleskan minyak

Saat ingin membakar atau memanggang ikan, sebaiknya oleskan minyak goreng atau minyak sayur dahulu. Hal ini menghindari ikan yang menempel pada panggangan yang panas. Pastikan Moms mengoles minyak ataupun mentega secara merata pada seluruh permukaan panggangan. Dengan begitu, ikan tidak akan menempel. Bila saat memanggang, minyak dirasa habis, dan ikan lengket pada panggangan, Moms bisa menambahkan minyak kembali.
2. Oleskan minyak
source: http://www.istockphoto.com
baca juga

3. Atur api

Ada baiknya panggangan dapat dipanaskan terlebih dahulu. Namun, panaskan dengan api atau suhu rendah terlebih dahulu. Api yang besar atau suhu yang tinggi dapat membuat ikan menempel pada panggangan dan membuat ikan cepat kosong, tidak matang merata. Saat memanggang ikan, atur api sedang hingga rendah. Sebab, ikan cenderung cepat matang. Tidak perlu api besar untuk memanggang ikan, kalau tidak ingin ikan menjadi gosong.
3. Atur api
source: http://www.pexels.com

4. Lumuri bumbu

Biasanya Moms sudah membuat racikan bumbu untuk ikan bakar. Ataupun melumuri bumbu pada ikan sebelumnya. Agar ikan tidak menempel pada panggangan, Moms bisa melumuri bumbu ataupun rempah tersebut pada panggangan terlebih dahulu. Hal ini mencegah, ikan menempel langsung pada panggangan. Dengan bumbu yang dioleskan ke panggangan, dapat membuat ikan lebih harum dan bumbu cepat meresap pada daging ikan.

4. Lumuri bumbu
source: http://www.pixabay.com
baca juga

5. Jangan dibolak-balik

Salah satu tips penting saat membakar ikan adalah jangan sering membaliknya. Biarkan ikan matang di satu sisi, kemudian di balik dan tunggu hingga matang. Jangan membolak-baliknya terlalu sering. Hal ini dapat menyebabkan ikan menempel pada panggangan dan tidak matang merata. Sering membaliknya juga dapat membuat ikan menyerap minyak terlalu banyak.
5. Jangan dibolak-balik
source: http://www.pixabay.com

Nah, itu dia 5 tips membakar ikan agar ikan tidak menempel di panggangan. Cukup mudah bukan, Moms? Semoga bisa diterapkan, ya! Selamat memasak!