Buah kaya vitamin C yang dapat menangkal virus masuk ke dalam tubuh

Seperti berita yang banyak beredar tentang mewabahnya virus corona ini, tak ada salahnya kita meningkatkan imunitas tubuh dengan cara sederhana, yaitu dengan mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C dan kaya akan antioksidan.

Vitamin C merupakan salah satu vitamin penting yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel dalam tulang, gigi, kulit, dan jaringan lainnya. 

Konsumsi 5 Buah Kaya Vitamin C Ini Untuk Cegah Virus Corona Masuk dalam Tubuh
source: https://m.economictimes.com/magazines/panache/consuming-vitamin-c-along-with-medication-boosts-efficacy-of-tb-drugs/articleshow/62364659.cms

Selain itu, vitamin C juga mempunyai peran lain, seperti membantu meningkatkan penyerapan zat besi dari sumber makanan nabati, membantu mencegah kerusakan sel sehingga dapat mengurangi risiko penyakit kanker, dan juga dapat melindungi tubuh Moms dari berbagai infeksi karena vitamin C dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Dan ini beberapa buah yang kaya vitamin C seperti dilansir dari DetikFood:

1. Kiwi

Buah pertama yang masuk ke dalam daftar buah kaya akan vitamin C adalah kiwi. Kiwi mengandung vitamin C sebanyak 84 gram per satu buah. Kandungan vitamin C dalam buah kiwi juga lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan vitamin C dalam jeruk. Kandungan antioksidan dari vitamin C-nya yang tinggi membuat buah kiwi dapat membantu tubuh melawan infeksi dan radikal bebas dalam tubuh.

Konsumsi 5 Buah Kaya Vitamin C Ini Untuk Cegah Virus Corona Masuk dalam Tubuh
source: https://food.ndtv.com/food-drinks/7-kiwi-fruit-benefits-from-a-powerhouse-of-antioxidants-to-inducing-sleep-1236599?amp=1&akamai-rum=off

Karena baik untuk menjaga daya tahan tubuh, maka dengan makan buah kiwi bisa menghindari kita terjangkit virus mengerikan seperti virus corona. Selain itu, buah kiwi juga mengandung senyawa flavonoid dan karotenoid.

Dua senyawa tersebut merupakan sejenis antioksidan yang berperan untuk membantu dan melindungi sel-sel tubuh dari virus. Dan tahukah Moms? Ternyata kulit dari buah kiwi juga kaya zat nutrisi terutama serat yang baik bagi tubuh kita. Jadi Moms bisa memakan buah kiwi langsung dengan kulitnya. Namun, pastikan untuk mencuci dan menghilangkan bulu halusnya.

baca juga

2. Strawberry

Selanjutnya ada si merah yang cantik, buah strawberry. Tak hanya cantik dalam penampilan saja, buah strawberry juga tinggi kandungan vitamin C yang berguna bagi tubuh kita Moms. 

Dalam setengah gelas (125 ml) strawberry mengandung 52 mg vitamin C. Selain vitamin C, strawberry juga mengandung antosianin dan asam ellagic. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi strawberry dapat membantu mencegah Moms dari kanker, penuaan, peradangan, dan penyakit saraf. 

Konsumsi 5 Buah Kaya Vitamin C Ini Untuk Cegah Virus Corona Masuk dalam Tubuh
source: https://www.realfoodforlife.com/health-benefits-strawberries/amp/

Memilih buah strawberry yang dagingnya dapat langsung dimakan, dicampur ke dalam salad, yoghurt atau dijus ini ternyata ada tipsnya lho, Moms. Pertama, pilihlah buah strawberry yang bertubuh montok.

Kemudian, cari yang warnanya merah cerah merata dan di bagian tangkainya berwarna kehijauan segar. Selain itu juga hindari memilih yang sebagian sudah berair atau berjamur. Lalu terakhir cuci buah yang kaya vitamin C itu sebelum mengonsumsinya. 

3. Pepaya

Satu lagi buah yang kaya vitamin C namun rasanya manis adalah pepaya. Setengah buah pepaya mengandung kurang lebih 94 mg vitamin C. Jumlah ini sedikit lebih tinggi dibandingkan kandungan vitamin C dalam buah jeruk. Berdasarkan penelitian, konsumsi buah pepaya dapat membantu mencerahkan kulit dan memperkuat tulang. Hal ini bisa terjadi karena kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah pepaya.

Tak hanya vitamin C saja, buah pepaya juga memiliki kandungan nutrisi lainnya, seperti karoten, flavonoid, vitamin B, folat, kalium, magnesium dan serat. Kombinasi nutrisi tersebut baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Konsumsi 5 Buah Kaya Vitamin C Ini Untuk Cegah Virus Corona Masuk dalam Tubuh
source: https://www.healthline.com/nutrition/8-proven-papaya-benefits

Selain itu, pepaya juga bagus untuk kesehatan jantung hingga membantu melindungi terhadap kanker usus besar. Oleh karena itu, pepaya sangat dianjurkan sebagai menu wajib harian.

Untuk mendapat manfaat maksimal dari mengonsumsi buah pepaya ada caranya nih, Moms. Yaitu dengan menaburkan garam jenis kosher dan ditambah dengan air jeruk nipis atau lemon.

baca juga

4. Blewah

Buah yang biasa hadir pada bulan puasa dan sering dijadikan campuran dalam es buah ini memang sangat menyegarkan. Namun, siapa sangka ternyata blewah juga kaya kandungan vitamin C. 

Dalam 100 gram buah blewah dapat memberikan vitamin C sebanyak 56.4 miligram. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan virus, ahli menyarankan untuk mengonsumsi 100 gram buah blewah dalam sehari. Dengan begitu kekebalan tubuh akan meningkatkan sehingga sel-sel dalam tubuh terlindungi dari radikal bebas.

Konsumsi 5 Buah Kaya Vitamin C Ini Untuk Cegah Virus Corona Masuk dalam Tubuh

Selain itu, buah blewah juga memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Nutrisi tersebut ada mulai dari vitamin B, kalium, magnesium, karoten, tembaga, flavonoid. Sehingga buah blewah baik untuk mengontrol kolesterol, menyehatkan janin, untuk penderita osteoporosis dan kanker serta dapat juga digunakan untuk penderita insomnia.

5. Jambu biji

Dan terakhir buah yang memiliki kandungan vitamn C paling tinggi diantara buah-buah lainnya adalah jambu biji. Satu buah jambu biji dapat memberikan asupan vitamin C sebanyak 228 miligram.

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah jambu biji berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas, termasuk virus. 

Fakta menarik dari jambu biji ini adalah kulitnya ternyata memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi daripada daging buahnya. Sehingga Moms bisa langsung mengonsumsi jambu biji langsung dengan kulitnya yang empuk.

Konsumsi 5 Buah Kaya Vitamin C Ini Untuk Cegah Virus Corona Masuk dalam Tubuh
source: https://www.monashfodmap.com/blog/guava-recipes/

Selain vitamin C, jambu biji juga mengandung banyak serat. Kandungan serat dalam jambu biji ini juga melebihi kandungan serat yang dimiliki oleh jeruk. Sehingga jambu biji ini sangat baik bagi kesehatan usus kita Moms.

Dengan mengonsumsi 7 buah jambu biji, tubuh Moms akan mendapatkan manfaat secara signifikan yaitu dengan menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol total.