Tahukah, Moms? Durian bakar khas Wonosalam ternyata memiliki daging lebih lembut dan creamy tanpa aroma yang terlalu menyengat. Cocok bagi Mommies yang tak terlalu suka aroma durian. Kabar baiknya lagi, durian Wonosalam ini dijual mulai Rp25 ribu-Rp100 ribu tergantung ukuran.

Manis Legit dengan Bau Tak Menyengat, Cobain 'Kuy' Durian Bakar Ini!
source: https://food.detik.com/

Durian merupakan buah musiman yang kini bisa dipanen dua kali dalam setahun menyusul banyaknya permintaan pasar. Sebelumnya, tanaman ini hanya bisa dipanen sekali dalam setahun. Di Indonesia sendiri, terdapat 20 spesies anggota Durian yang secara keseluruhan berjumlah 30 dan 9 di antaranya dapat dimakan.

Pusat Durian Di Jawa Timur

Selain di Wonosalam, Jombang, Jawa Timur. Jika Moms sedang berkunjung ke Jawa Timur, berikut ini ada beberapa tempat yang bisa Moms kunjungi jika ingin menikmati durian yang enak dan lezat. Dimana saja?

Agrowisata Bhakti Alam, Pasuruan
Agrowisata Bhakti Alam ini berada di jalan Bhakti Alam, Kemang, Ngembal, Tutur, Pasuruan, Jawa Timur. Wisata ini unggul dengan kesejukan alamnya. Pohon duriannya yang lebat, membuat pengunjung semakin tergoda.

Manis Legit dengan Bau Tak Menyengat, Cobain 'Kuy' Durian Bakar Ini!
source: https://travel.detik.com/

Desa Wisata Durensari, Trenggalek
Durensari berada di Desa Sawahan, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Banyak wisatawan yang datang ke sini berburu durian. Tempatnya yang asri membuatnya asik dijadikan tempat presir bareng keluarga. Di tempat ini, pengunjung diperbolehkan makan durian yang jatuh dari pohonnya. Syaratnya harus habis.

baca juga

Durian Bakar Di Malaysia

Tidak hanya di Indonesia, ternyata durian bakar juga ada Moms di Malaysia. Seperti dilansir FoodDetik, Malaysia terkenal dengan duriannya yang enak. Olahan raja buah ini juga begitu banyak termasuk durian bakar yang jadi favorit para turis.

Bukan hanya dimakan langsung, orang Malaysia punya cara kreatif untuk mengolah durian. Mulai dari dijadikan es krim, isian sus, hingga topping pizza. Kini yang sedang hits adalah olahan durian bakar.

Dikutip dari WorldofBuzz (10/1), salah satu penjual durian bakar ada di Jalan Gaya Food Night Market, Kota Kinabalu. Menu ini dijual RM 60 atau sekitar Rp205.000 per buah.

Manis Legit dengan Bau Tak Menyengat, Cobain 'Kuy' Durian Bakar Ini!
source: https://food.detik.com/

Untuk membuatnya, durian dibungkus aluminium foil sebelum dibakar sekitar 45 menit sampai kulitnya menghitam. Pemakaian api arang membuat aroma durian bakar jadi harum enak. Dennis menjual durian bakar ini hanya pada Jumat dan Sabtu, mulai pukul 6 sore sampai 2 pagi.

Nah, Mommies pecinta durian? Kalau begitu Moms tinggal pilih saja. Mau menikmati durian bakar ala Wonosalam, Jombang. Atau menikmati durian bakar khas Malaysia.