Manfaat Push Up untuk Tubuh

Untuk menjaga tubuh tetap bugar, rutin berolahraga sangat disarankan. Daripada pergi ke gym yang memakan waktu dan biaya, berolahraga di rumah seperti push up bisa jadi pilihan, Moms. Apalagi olahraga ini tidak memerlukan alat apapun, hanya butuh lantai yang bersih.

Push up dapat memperkuat otot tubuh bagian atas, seperti trisep, otot dada, dan bahu. Bila dilakukan dengan posisi yang benar, push up juga dapat memperkuat punggung bagian bawah dan otot inti karena gerakan push up melibatkan otot-otot perut.

Karena otot menjadi kuat dan stabil, gerakan push up dapat memperbaiki postur tubuh serta mencegah cedera bahu dan punggung. Selain itu dengan push up secara rutin, tulang menjadi lebih kuat sehingga terhindar dari osteoporosis. 

Manfaat lainnya adalah push up dapat meningkatkan kesehatan jantung, Moms. Sebab, gerakan push up memicu kerja jantung lebih keras, dan aliran darah pun akan lebih lancar.

Manfaat Push Up untuk Tubuh
source: https://www.besthealthmag.ca/wp-content/uploads/sites/16/2018/01/best_arm_exercises_puships-1024x768.jpg

Hati-Hati Risiko Melakukan Push Up Tiap Hari

Meski bermanfaat, push up ada pula risikonya, Moms. Bila dilakukan tiap hari, push up bisa membuat kita berada dalam kondisi plateau

Dilansir dari dari Healthline, plateau adalah kondisi di mana kita tak lagi mendapatkan manfaat dari olahraga yang kita lakukan secara teratur. Push up terus-menerus dengan gerakan itu-itu saja membuat tubuh tidak lagi merasakan tantangan sehingga berhenti merespons. Padahal otot-otot beradaptasi dan meningkatkan fungsinya ketika diberi tekanan.

Maka agar otot tidak bisa bosan dan lebih tertantang, coba ubah jumlah push up per harinya dan lakukan variasi gerakan.

Hati-Hati Risiko Melakukan Push Up Tiap Hari
source: https://media1.popsugar-assets.com/files/thumbor/g3IqvrBcCL8PCn2kV4oYF5LCXy0/fit-in/2048xorig/filters:format_auto-!!-:strip_icc-!!-/2016/11/21/628/n/1922729/0e7e9800cb65fd44_Tricep-Push-Up.jpg
baca juga

Hindari Cedera dengan Posisi Push Up yang Benar

Push up tiap hari juga bisa membuat Moms cedera apabila dilakukan dengan posisi yang tidak benar. Karena itu penting untuk tahu seperti apa posisi push up yang tepat.

Caranya, letakkan tangan di lantai selebar bahu. Kedua telapak tangan lurus atau sedikit miring ke arah luar. Luruskan tubuh dengan posisi kaki bertumpu pada ujung jari. Kedua kaki boleh rapat atau renggang selebar bahu.

Angkat wajah sehingga dagu akan menyentuh lantai saat posisi tubuh turun. Usahakan punggung dan bokong tetap rata.

Kemudian turunkan badan pelan-pelan sehingga siku membentuk 90 derajat. Posisi siku jangan menghadap ke luar, tapi dekat dengan badan. Angkat kembali badan Moms hingga ke posisi semula.

Bila dirasa masih sulit, coba push up dengan lutut bertumpu di lantai atau push up di depan dinding. Dan untuk permulaan, tidak perlu memaksakan diri ya, Moms. Cukup 10 hitungan per harinya.

Hindari Cedera dengan Posisi Push Up yang Benar
source: https://redefiningstrength.com/wp-content/uploads/2013/12/modified-push-up1-e1427262540712.jpg