Meningkatnya hormon hCG setelah sperma membuahi sel telur dipercaya jadi penyebab munculnya rasa mual di awal kehamilan. Mual tanda hamil dimulai dari yang ringan hingga semakin parah selama trimester pertama kehamilan. Sebagian ibu hamil mulai merasa semakin membaik dan mual yang berkurang saat memasuki trimester kedua.

Mual Tanda Hamil atau Gejala Penyakit? Kenali 5 Perbedaannya, Moms!

Tanda hamil muda memiliki ciri yang mirip dengan masuk angin, seperti mual, muntah dan pusing. Namun ada perbedaan yang mencolok yang bisa Moms ketahui antara mual tanda hamil dan mual gejala sakit. Dilansir dari Haibunda, mual tanda kehamilan memiliki gejala seperti berikut ini:

Mual Tanda Hamil atau Gejala Penyakit? Kenali 5 Perbedaannya, Moms!
source: https://thuocthang.vn/
  1. Pusing. Tak hanya saat masuk angin, gejala ini juga muncul saat hamil muda. Jika jadi tanda masuk angin, pusing akan mereda saat Moms meminum obat.
  2. Kelelahan yang parah. Rasa lelah yang teramat sangat akan muncul di awal kehamilan. Karenanya, ibu hamil dengan usia kandungan muda dianjurkan untuk mengurangi aktivitas yang membuat stress.
  3. Mual yang semakin memburuk pada waktu tertentu. Mual sebagai tanda hamil akan dirasa semakin parah di waktu-waktu tertentu, seperti di pagi hari saat bangun tidur.
  4. Tidak mau makan dan tidak suka dengan bau tertentu. Nafsu makan saat hamil muda biasanya berkurang akibat mual hingga muntah yang dirasakan. Perubahan hormon saat hamil juga berpengaruh pada nafsu makan hingga sensitif terhadap bau-bau tertentu.
  5. Mual semakin buruk saat mencium bau makanan tertentu. Beberapa ibu hamil di trimester pertama biasanya merasakan mual pada makanan-makanan yang berbau. Makanan dengan cita rasa asam segar biasanya sangat membantu Moms untuk meredakan mual.
baca juga
Mual Tanda Hamil atau Gejala Penyakit? Kenali 5 Perbedaannya, Moms!
source: https://parents.com/

Perlu diketahui, tak semua ibu hamil akan mengalami mual dan sakit perut. Ada beberapa wanita yang malah tak merasakan rasa sakit di trimester pertama kehamilan. Sedangkan ciri mual karena penyakit biasanya dibarengi dengan kram perut di sebelah kiri atau kanan, sakit kepala, diare atau sembelit.