Sebagai orangtua, tentu Mommy sangat ingin si kecil sehat dengan pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Itulah sebabnya, sangat penting bagi para ibu untuk memperhatikan betul apakah asupan vitamin dan mineral si kecil terpenuhi dengan baik. Tidak heran jika banyak dari para orangtua mencari suplemen tambahan untuk buah hatinya. Namun, kapan sebenarnya anak membutuhkan asupan suplemen tambahan. Lalu, bagaimana aturan pemberian suplemen tambahan itu? Yuk, intip panduan mengenai pemberian suplemen tambahan pada anak-anak berikut ini.

Suplemen tambahan untuk asupan vitamin dan mineral untuk anak-anaknya biasanya tidak berbahaya dan memang diciptakan dengan formula khusus yang ramah bagi tubuh anak-anak. Meskipun begitu, idealnya anak-anak sudah seharusnya mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dari makanan yang ia makan.

Apakah Anak Membutuhkan Suplemen Tambahan? Ini Aturan Memberikan Suplemen Vitamin Tambahan untuk Anak

Melansir dari Johns Hopkins Medicine, Rachel Dawkins, M.D., direktur Klinik Kedokteran Anak dan Remaja di Rumah Sakit Johns Hopkins All Children mengatakan bahwa anak-anak sudah memperoleh semua gizi dan nutrisi yang mereka dibutuhkan, sekalipun mereka adalah picky eater. Dengan kata lain, anak-anak sebenarnya tidak membutuhkan vitamin tambahan. Namun, ketahui juga bahwa dalam beberapa kasus mungkin asupan vitamin tambahan dibutuhkan. Jadi, konsultasikan kondisi anakmu dengan dokternya.


Pada kasus khusus seperti bayi yang tidak mendapatkan asupan ASI eksklusif atau bayi yang lahir prematur, mereka mungkin akan mendapatkan resep multivitamin dengan zat besi dari dokternya. Namun, pada anak-anak pada umumnya, memberikan suplemen tambahan hanya bersifat pilihan dan tidak masalah jika tidak dilakukan.

Apakah Anak Membutuhkan Suplemen Tambahan? Ini Aturan Memberikan Suplemen Vitamin Tambahan untuk Anak
source: https://medicalxpress.com/

Akan tetapi, jika kamu ingin memberikan asupan suplemen tambahan untuk si kecil, pastikan untuk memilih vitamin yang memang diformulasikan khusus untuk kelompok usia anakmu. Vitamin jika dikonsumsi dengan aturan yang tepat sesuai dengan rekomendasi pada kemasan tidak akan membahayakan tubuh. Namun, pemberian vitamin tambahan tidak berarti kamu jadi mengacuhkan asupan makanan sehat untuk si kecil. ya!

baca juga

Untuk memastikan bahwa si kecil mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dan seimbang, kamu bisa memberikannya makanan "pelangi". Sayuran dan buah yang berwarna-warni dapat memberikan beragam nutrisi yang berbeda untuk anak-anak. Ingat, anak-anak harus mendapatkan sekitar satu hingga dua cangkir buah-buahan dan satu hingga tiga cangkir sayur-sayuran setiap hari.
 

Apakah Anak Membutuhkan Suplemen Tambahan? Ini Aturan Memberikan Suplemen Vitamin Tambahan untuk Anak
source: https://www.healthline.com/

Terakhir, jangan pernah menyebut vitamin dan suplemen sebagai "permen" meskipun rasanya manis. Jika kamu menyebutnya permen, itu berarti dia bebas memakannya kapanpun sesuka hatinya. Tentu ini sangat berisiko karena suplemen tambahan tidak boleh dikonsumsi melebihi dosis. Jadi, beritahu anak-anak bahwa itu adalah vitamin, bukan permen.