Tapi untuk rasa yang lebih mantap biasanya Moms juga memilih bumbu-bumbu dapur dalam bentuk utuh dan segar ya. Sayangnya, ketiga bumbu dapur ini mudah rusak dan busuk jika disimpan terlalu lama dalam bentuk aslinya.

Nah, agar jahe, kunyit dan lengkuas awet dan bisa lebih lama disimpan, berikut 5 cara menyimpannya:

Cek Kondisi Fisik


Cek Kondisi Fisik
source: https://www.haibunda.com/

Dilansir dari Haibunda, pilihlah potongan jahe, kunyit dan lengkuas dengan kulit luar yang halus dan tidak keriput. Bagian kulit luar yang keriput menandakan kondisi yang mulai memburuk dan tak segar. Segera pakai jahe, kunyit dan lengkuas jika kondisinya mulai tak segar lagi, Moms.

baca juga

Jangan Dikupas


Jangan Dikupas
source: https://pixabay.com/

Jangan kupas jahe, kunyit dan lengkuas jika Moms ingin menyimpannya di dalam lemari es. Menyimpan jahe, kunyit dan lengkuas di lemari es berisiko membuat ketiga bumbu dapur ini tak tahan lama, Moms.

Singkirkan Jamur


Singkirkan Jamur
source: https://pixabay.com/

Periksa permukaan kulit jahe, kunyit dan lengkuas beberapa hari setelah penyimpanan. Jika muncul jamur, singkirkan dengan pisau atau parutan. Pastikan kulit yang terinfeksi jamur telah disingkirkan dan tak tersisa. Simpan kembali ke dalam kantong atau wadah. Jangan mengganti kantong atau mencuci wadah penyimpanannya ya, Moms.

baca juga

Bungkus dan Simpan dalam Wadah Khusus


Bungkus dan Simpan dalam Wadah Khusus
source: https://pixabay.com/

Agar lebih tahan lama jika disimpan di dalam lemari es, sebaiknya masukkan jahe, kunyit dan lengkuas ke dalam satu kantong khusus. Tekan sebagian besar udara dan letakkan di laci lemari es. Pastikan taka da droplet atau tetesan air di dalam kantong yang membuat kondisi lembap. Cara ini bisa membuat jahe, kunyit dan lengkuas bertahan sekitar kurang lebih satu minggu.

Bekukan


Bekukan
source: https://pixabay.com/

Cara terbaik menyimpan jahe, kunyit dan lengkuas dalam bentuk utuh adalah dengan membekukannya. Bungkus jahe, kunyit dan lengkuas yang baru saja Moms beli dengan tisu kertas. Bisa juga dengan memasukkan jahe, kunyit dan lengkuas dalam satu kantong lalu letakkan dalam freezer. Sebelum membekukannya, sebaiknya hindari memotong jahe, kunyit dan lengkuas menjadi potongan-potongan kecil. Hal ini karena bumbu dapur jenis rimpang akan mudah mengering di suhu dingin yang ekstrem.