1. Melakukan Vaksin Sesuai Jadwal

1. Melakukan Vaksin Sesuai Jadwal
source: https://news.flinders.edu.au

Saat sedang pandemi seperti ini, ada baiknya Moms jangan menunda untuk memberikan vaksin pada Si kecil. Karena bila Moms menunda memberikan vaksin pada Si kecil, justru akan berisiko pada kondisi kesehatan Si buah hati. Selain itu yang perlu Moms lakukan adalah untuk tetap terus memperbaharui informasi infeksi virus terhadap bayi.memperbaharui informasi tentang virus terhadap bayi. Hal ini adalah salah satu cara untuk mengatasi rasa cemas berlebih karena harus merawat bayi baru lahir di tengah kondisi pandemi. 
Berikut jadwal imunisasi yang dapat Moms lakukan pada masa pandemi COVID-19 menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI): 

  • Saat lahir: Imunisasi Hepatitis B0 + OPV0
  • Usia 1 Bulan: BCG
  • Usia 2 Bulan: Pentavalent 1 + OPV1
  • Usia 3 Bulan: Pentavalent 2 + OPV2
  • Usia 4 Bulan: Pentavalent 3 + OPV3 + IPV
  • Usia 9 Bulan: Imunisasi MR 1
  • Usia 18 Bulan: Pentavalent 4 + OPV 4 + MR 2

2. Rutin Konsultasi ke Dokter Secara Virtual

2. Rutin Konsultasi ke Dokter Secara Virtual
source: https://www.telegraph.co.uk

Selama masa karantian karena pandemi COVID-19, maka konsultasi ke dokter biasanya dilakukan secara virtual untuk menghindari risiko terpapar virus. Konsultasi melalui video call ini dirasa cukup efektif dari pada Moms konsultasi hanya melalui telepon seluler. Melalui video dokter juga dapat melihat kondisi bayi dan Moms juga lebih leluasa untuk berkonsultasi secara langsung. Jika dokter menemukan tanda-tanda permasalahan pada Si kecil, tentunya dokter akan menjadwalkan anak untuk diperiksa langsung di klinik atau rumah sakit. 

 

baca juga

3. Tetap Aman Saat Keluar Rumah

3. Tetap Aman Saat Keluar Rumah
source: https://ak.picdn.net

Jika terpaksa harus membawa Si kecil keluar rumah, sebaiknya Moms tetap menjaga jarak aman Si kecil dengan orang lain di sekitar. Hal ini dilakukan agar risiko Si kecil terpapar virus lebih kecil. Sebaiknya gunakanlah stroller (kereta dorong) untuk menjaga anak tetap aman agar ia tidak menyentuh apapun atau bersenggolan dengan orang lain. 

4. Siapkan Perlengkapan Kesehatan

4. Siapkan Perlengkapan Kesehatan
source: https://www.jane-uk.com

Sebagai orangtua baru pasti Moms akan merasa khawatir akan kondisi kesehatan Si kecil di tengah wabah pandemi ini. Namun yang perlu diingat jangan jadikan rasa takut tersebut membuat Moms lupa untuk mempersiapkan perlengkapan kesehatan Si kecil. Keperluan yang harus disiapkan misalnya, seperti tisu kering dan basah, stok popok yang cukup, alkohol untuk membersihkan benda-benda yang digunakan anak, hingga susu formula. Nah, dengan menyetok kebutuhan Si kecil , Moms bisa mengurangi waktu untuk pergi ke supermarket dan terhindar dari risiko terpapar virus.